Juwita Suwito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Juwita Suwito
Lahir31 Maret 1977 (umur 42)
AsalBendera Malaysia Melaka, Malaysia
GenrePop
PekerjaanPenyanyi
Penulis lagu
Tahun aktif2000–kini
LabelOops! Asia (2004-2006)
Four Forty Records (2006–kini)
Artis terkaitLiang
Altered Frequency
Jaclyn Victor
Situs webwww.juwitasuwito.com — Laman rasmi

Juwita Suwito (lahir di Malaysia, 31 Maret 1977; umur 42 tahun) adalah penyanyi dan pencipta lagu berkebangsaan Malaysia. Namanya mulai dikenal secara luas melalui lagu ciptaannya, SMS, Only In the Dark. Dia juga menciptakan lagu tema untuk program-program reality di televisi yaitu Akademi Fantasia dan juga tema Tahun Kunjungan Malaysia 2007. Juwita merupakan keturunan Indonesia-Singapura, adik dari Aubrey Suwito.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Saat masih remaja, Juwita memulai kariernya dengan mendukung artis terkenal Malaysia sebagai penyanyi latar dalam konsert dan acara penganugerahan besar, serta dipanggil untuk merekam demo lagu untuk penerbit Asia Timur seperti Breathe Again yang diterbitkan oleh Warner Music Taiwan yang dikunakan sebagai musik skor drama berbahasa Mandarin The Outsiders.

Pada bulan Juli 2003, sewaktu mewakili Malaysia di YWCA World Council & International Women’s Summit di Brisbane, Autralia, Juwita mendendangkan sebuah lagu yang diciptakan berdasarkan tema acara itu, Leading Change, yang mengekspresikan keghairahan untuk mendorong para pemuda menampilkan kemampuannya, anugerah Tuhan bagi perubahan masyarakat.

Pada tahun 2004, Juwita diberi tanggungjawab untuk melatih para peserta Malaysian Idol selama dua tahun berturut-turut. Pada tahun berikutnya, dia menjadi pelatih undangan di One in a Million dan program realiti TV yang lain.

Pada tahun 2005, album solonya, Brand New World dipilih sebagai penerima anugerah Album Inggeris Terbaik di Anugerah Industri Muzik serta masuk nominasi Persembahan Vokal Wanita Terbaik dalam Sebuah Album. Sejak keluarnya album ini, Juwita pernah tampil di berbagai acara, keterlibatannya dalam konser di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan juga Australia.

Album kedua, Juwita Suwito - For Real yang dipasarkan mulai 2006, terdiri dari lagu-lagu ciptaan Juwita sendiri, seperti Beautiful Lies (yang diambil dari skor film Gol & Gincu) dan lagu klasik Desperado yang dipopularkan oleh The Eagles, serta lagu berbahasa Melayu berjudul Teman Sejati diciptakan bersama Habsah Hassan dan daftar pop rocknya, Walk Away yang disambut baik oleh stasiun radio Malaysia. Lagu-lagu ini menonjolkan realita hidup di dalam mata seorang dewasa muda dalam gaya yang penuh perasaan tetapi pada masa yang sama segar dan kontemporer.[1] Album ini juga masuk nominasi Album Inggeris Terbaik pada AIM yang ke-14 pada tahun 2007. Pada tahun 2006 juga, Juwita terlibat dalam rekaman lagu tema baru bagi kampanye Tahun Melawat Malaysia 2007.[2]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • 2004: Brand New World (album)
  • 2006: For Real (album)
  • 2008: Take Five with Juwita Suwito at Avanti (EP)

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.juwitasuwito.com/bio.html Biografi Juwita Suwito (Inggris)
  2. ^ http://thestar.com.my/metro/story.asp?file=/2007/6/23/central/18073936&sec=central Juwita Suwito is the voice behind the VMY song, the Star Metro Central, 23 Jun 2007.

Pautan luar[sunting | sunting sumber]