Juru minyak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arnold R. Fesser, juru minyak, 17 tahun di laut: "Kami memiliki tugas besar hingga perang ini berhasil dimenangkan. Kami akan tetap berlayar hingga akhir. Kemudian kami memiliki waktu untuk berlibur." 14 Oktober 1944.

Juru minyak adalah seorang pekerja yang tugas utamanya adalah melumasi permesinan. Pada zaman dahulu, jabatan juru minyak dapat ditemukan di sejumlah industri, seperti kelautan (angkatan laut dan kapal niaga), perkeretaapian, pembuatan baja, dan pertambangan. Kini banyak industri telah menghapus jabatan ini, karena makin berkembangnya teknologi, sehingga pelumasan tidak lagi memerlukan terlalu banyak intervensi manusia.

Saat ini, perkapalan menjadi industri yang paling banyak mempertahankan jabatan juru minyak. Pada kapal niaga, juru minyak adalah awak mesin yang jabatannya lebih tinggi dari tukang angsur. Setelah berhasil mengumpulkan jam layar tertentu, juru minyak dapat mengikuti serangkaian kursus/ujian untuk mendapat sertifikat sebagai perwira mesin.

Sebagai anggota departemen mesin, juru minyak mengoperasikan dan memelihara sistem propulsi dan sistem lain di atas kapal. Juru minyak juga mengurusi fasilitas "hotel" di atas kapal, seperti sistem air limbah, pencahayaan, penyejukan udara, dan air. Juru minyak juga membantu pengisian bahan bakar ke kapal, serta wajib mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran dan pertolongan pertama. Lebih lanjut, juru minyak juga membantu memfasilitasi operasional sekoci dan tugas kelautan lain, terutama yang berkaitan dengan peralatan pemuatan/penurunan kargo dan sistem keselamatan. Namun, tugas penurunan kargo tetap menjadi tanggung jawab dari perwira dan awak dek.

Persyaratan[sunting | sunting sumber]

Di bawah konvensi dan perjanjian internasional, terutama STCW, semua juru minyak yang berlayar secara internasional wajib disertifikasi oleh negaranya masing-masing.

Di Amerika Serikat, CFR 46 mengatur siapa saja yang dapat menjadi juru minyak di dalam negeri.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Seseorang harus memiliki Merchant Mariner's Document yang diterbitkan oleh United States Coast Guard untuk dipekerjakan sebagai juru minyak di kapal berbendera Amerika Serikat.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Untuk dapat bekerja sebagai juru minyak di Kanada, seseorang diwajibkan memiliki sertifikat kamar mesin. Untuk mendapat sertifikat tersebut, seseorang setidaknya harus telah berlayar selama enam bulan di bawah pengawasan masinis. Orang tersebut kemudian harus lolos dari ujian tulis dan lisan yang diadakan oleh Kantor Perhubungan Kanada. Seseorang juga harus telah memiliki sertifikat kedaruratan kelautan, yang dapat diperoleh dengan mengikuti kursus di lembaga pelatihan yang telah disetujui.

Juru minyak yang bekerja di Kanada diberi sejumlah tugas, antara lain melakukan pemeliharaan rutin terhadap mesin kapal dan peralatan lain, membantu masinis dalam memperbaiki mesin dan peralatan kapal, serta berkeliling di kamar mesin dan memberitahu masinis jika melihat masalah. Juru minyak juga diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kerapian kamar mesin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]