Jurnal sejarah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jurnal sejarah adalah rangkaian publikasi ilmiah yang dirancang untuk menyajikan kesarjanaan baru pada subjek sejarah, biasanya dalam subbidang sejarah, dengan artikel yang umumnya melewati proses tinjauan sejawat.

Sejarah dan perkembangan[sunting | sunting sumber]

Jurnal sejarah, sebuah forum di mana sejarawan akademis dapat bertukar gagasan dan mempublikasikan informasi baru yang ditemukannya, muncul pada abad ke-19. Jurnal permulaan mirip dengan yang ada di ilmu fisika, dan dipandang sebagai sarana bagi ilmu sejarah agar menjadi lebih profesional. Jurnal juga membantu sejarawan untuk membangun berbagai pendekatan historiografi, contoh paling terkenal adalah Annales. Économies. Sociétés. Civilisations., sebuah instrumen publikasi dalam pembangunan Aliran Annales.


Beberapa jurnal sejarah di antaranya:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Goldstein, Doris S. "The origins and early years of the English Historical Review." English Historical Review (1986) 101#398 pp: 6-19.
  • Howsam, Leslie. "Academic Discipline or Literary Genre?: The Establishment of Boundaries in Historical Writing." Victorian Literature and Culture (2004) 32#2 pp: 525-545. daring