Julius Hübner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Potret diri (1859)

Rudolf Julius Benno Hübner (lahir 27 Januari 1806 – meninggal 7 November 1882 pada umur 76 tahun) adalah seorang pelukis sejarah Jerman dari sekolah melukis Düsseldorf. Ia juga dikenal sebagai penyair dan ayah dari Emil Hübner, seorang cendekiawan klasik.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Hübner lahir di Oels, Silesia, belajar di Akademi Kesenian Prusia, Berlin di bawah bimbingan Schadow, dan di Düsseldorf. Ia mula-mula meraihperhatian karena gambarnya "Ruth dan Boaz" (1825). Ia pergi ke Italia dan singgah dalam waktu yang lama di Düsseldorf sampai 1839. Pada tahun tersebut, ia bermukim di Dresden, menjadi profesor di Akademi Kesenian pada 1841 dan direktur Galeri Luksian pada 1871. Ia mraih medali emas besar di Brussels in 1851. He died in Loschwitz.

Karya[sunting | sunting sumber]

Beberapa karya periode pertama Hübner adalah Nelayan (1828), yang mengambil penggambaran dari kisah karya Goethe; Ruth dan Naomi (1833), di Galeri Nasional, Berlin; Yesus dan Empat Penginjil (1835); Ayub dan Para Temannya (1838), di Galeri Frankfurt; Perhatikanlah Bunga Bakung (1839); dan potret Frederick III, di Römer, Frankfurt.

Pada periode keduanya, atau saat di Dresden, meliputi Abad Keemasan dan Persengketaan Antara Luther dan Dr. Eck (1866), di Galeri Dresden; Charles V di San Yuste; Hari-Hari Terakhir Frederick Agung; Cupid di Musim Dingin, dan lain-lain.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]