Juana Maria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Juana Maria
Juana Maria (Hayward & Muzzall).jpg
Seorang wanita Amerika Asli yang diyakini merupakan Juana Maria[a]
LahirSebelum 1811
Pulau San Nicolas, California
Meninggal19 Oktober 1853
Garey, California
Dikenal atasMenginspirasi buku dan film pendek Island of the Blue Dolphins

Juana Maria (wafat 19 Oktober 1853), yang lebih dikenal dalam sejarah sebagai Wanita Penyendiri dari Pulau San Nicolas (nama Amerika Asli-nya tak diketahui), adalah seorang wanita Amerika Asli yang menjadi anggota terakhir yang bertahan hidup dari sukunya, Nicoleño. Ia tinggal sendiri di Pulau San Nicolas, lepas pantai California dari 1835 sampai diselamatkan pada 1853. Novel anak-anak pemenang penghargaan karya Scott O'Dell Island of the Blue Dolphins (1960) terinspirasi dari kisahnya. Ia adalah pemakai bahasa Nicoleño asli terakhir.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Potret wanita Tongva tersebut diambil oleh fotografer Santa Barbara Mission Edwin J. Hayward dan Henry W. Muzzall dan menampilkan Juana Maria. Foto tersebut ditemukan bersmaa dengan gambar Maria Sinforosa Ramona Sanchez Nidever (1812–1892), istri George Nidever, yang tinggal dengan Juana Maria usai datang ke daratan utama. Foto tersebut sekarang disimpan di Southwest Museum of the American Indian.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gliozzo, J.; Graham, M.; Kobayashi, Y. "Island of the Blue Dolphins". SCORE History/Social Science. Schools of California Online Resources for Education. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-06. Diakses tanggal 15 August 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]