Juana Enríquez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Juana Enríquez
Ratu Aragon, Mallorca, Valencia, Navarra dan Sisilia; Comtesse Barcelona
Permaisuri Aragon
Periode7 Juni 1458 – 13 Februari 1468
Informasi pribadi
Kelahiran1425
Torrelobatón
Kematian13 Februari 1468 – 1425; umur -44–-43 tahun
Tarragona
Pemakaman
WangsaEnríquez
AyahFadrique Enríquez de Mendoza
IbuMariana Fernández de Córdoba
PasanganJuan II dari Aragón
Anak
AgamaKatolik Roma

Juana Enriquez de Cordoba, Lady ke-5 Casarrubios del Monte (1425 – 13 Februari 1468, Tarragona), merupakan seorang bangsawati Kastila, ia telah ditata sebagai Ratu Navarra dari pernikahannya pada bulan April 1444 dengan Juan II dari Aragón dan permaisuri Kerajaan Aragon dari kematian saudara iparnya, Raja Alfons V dari Aragon, pada tahun 1458, sampai kematiannya sendiri. Ia menikah dengan Juan tiga tahun setelah kematian istri pertamanya, Ratu Blanca I dari Navarra.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dia adalah putri Fadrique Enríquez de Mendoza dan Mariana Fernández de Córdoba y Ayala, Lady ke-4 Casarrubios del Monte, dan menggantikan ibundanya pada tahun 1431. Ia dilahirkan di Torrelobatón, dan merupakan cicit dari Alfonso XI dari Kastilia.

Lambang

Meskipun Juan berhenti menjadi raja Navarra de jure uxoris atas kematian istrinya, ia tidak pernah menyerahkan kekuasaan kepada putranya, Karlos, Pangeran Viana, dan putri, de jure Zuria II dari Navarra, keputusan yang Juana didukung. Pemutusan hukum suksesi seperti itu menyebabkan konfrontasi dengan Takhta Aragon dan konflik antara petani dan bangsawan, pecahnya Perang Sipil Navarra. Dituduh telah memerintahkan meracuni Karlos, putra tirinya, yang meninggal pada tahun 1461, Juana melarikan diri ke Girona, mencari perlindungan dari uskup.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Keinginan terbesar Ratu Juana adalah agar putranya, Ferrando, menikah dengan Infanta Isabel, saudari tiri dan pewaris dugaan Raja Enrique IV dari Kastila. Pernikahan mereka, yang memang terjadi, berlangsung selama 35 tahun dan menghasilkan seorang pangeran dan empat ratu. Namun, Juana meninggal pada tanggal 13 Februari 1468 akibat kanker payudara, setahun sebelum pernikahan terjadi. Suaminya tidak pernah menikah lagi dan bertakhta sampai kematiannya pada tahun 1479. Putrinya Juana menikah dengan Ferrante I dari Napoli dan dengan demikian menjadi Ratu Napoli.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gambar luar
A portrait
Juana Enríquez
Cabang kadet Wangsa Ivrea
Lahir: 1425 Meninggal: 13 Februari 1468
Spanyol
Didahului oleh:
Maria dari Kastila
Permaisuri Aragon, Mallorca,
Valencia dan Sisilia;
Comtesse Barcelona

1458–1468
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Isabel dari Kastila
Didahului oleh:
Agnes dari Kleve
Permaisuri Navarra, de facto
1444–1468
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Marguerite d'Alençon
Bangsawan Spanyol
Didahului oleh:
Mariana de Ayala Córdoba y Toledo
Lady Casarrubios del Monte
1431–1468
Diteruskan oleh:
Ferrando II d'Aragón