Joseph Merrick

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joseph Merrick, penderita sindrom proteus terkenal

Joseph Carey Merrick (lahir 5 Agustus 1862 – meninggal 11 April 1890 pada umur 27 tahun) adalah pria berkebangsaan Inggris yang kemudian dikenal sebagai "The Elephant Man" karena penampilan fisik yang disebabkan oleh kelainan bawaan. Karena kondisinya, ia mengumpulkan simpati dari Britania pada era Victoria. Kebanyakan orang lebih mengenal dirinya dengan sebutan John Merrick yang di sebabkan kesalahan Sir Federick Treves dalam bukunya "The Elephant Man and Other Reminiscences" dalam menuliskan nama Joseph.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Karena bentuk fisiknya, dia sulit mendapatkan pekerjaan dan akhirnya sering bekerja di sirkus pertunjukkan orang-orang aneh (freak show).

Karena freakshow dilarang di Inggris Merrick pernah mencari pekerjaan ke Belgia, bukannya beruntung, dia malah dianiaya dan uang tabungannya dicuri oleh teman sirkusnya.

Balik ke Inggris, Merrick malah dipukuli di stasiun. Untungnya dia diselamatkan seorang dokter "Frederick Treves". Akhirnya dia mendapat banyak simpati dari kalangan atas di Inggris dan bahkan sampai Denmark.

Merrick meninggal pada usia 27 tahun karena dislokasi tulang leher saat tidur.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]