José Rolz-Bennett

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
José Rolz-Bennett
José Rolz-Bennett.jpg
Wakil Sekretaris-Jenderal Perserikatan Bangsa-Banga Bidang Politik Khusus
Masa jabatan
1961–1971
Sekretaris JenderalU Thant
Administrator Otoritas Eksekutif Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Wilayah Nugini Barat
Pejabat
Masa jabatan
1 Oktober 1962 – 15 November 1962
PendahuluHenk Veldkamp
(Pj. Gubernur Nugini Belanda)
PenggantiJalal Abdoh
Informasi pribadi
Lahir(1918-08-09)9 Agustus 1918
Bendera Guatemala Quetzaltenango, Guatemala
Meninggal dunia18 Desember 1972(1972-12-18) (umur 54)
Bendera Guatemala Guatemala City, Guatemala
KebangsaanBendera Guatemala Guatemala
PasanganJuliet Castro

José Rolz Bennet (lahir di Xelajú, Quetzaltenango, Guatemala , 9 Agustus 1918 – meninggal di Guatemala City, Guatemala, 18 Desember 1972 pada umur 54 tahun) adalah politisi dan akademisi, lahir di Xelajú, Quetzaltenango pada tanggal 9 Agustus 1918. Ia belajar di Universitas San Carlos Guatemala di mana ia memperoleh gelar sarjana hukum dan notaris. Pada tahun 1945 ia adalah Anggota Majelis Konstituante. Ia mendirikan Sekolah Humaniora di University of San Carlos de Guatemala dan dekan pertama Fakultas. Ia juga menjabat sebagai guru besar Departemen Filsafat. Dia unggul di luar negeri ketika ia diangkat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 1964 hingga 1972.[1]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

José Rolz Bennet lahir di kota Quetzaltenango yang 9 Agustus 1918, putra bungsu dari Frederick Rolz Stovasser, imigran Austria, dan Maria Cristina Bennett, keturunan Inggris, bersama dengan saudara-saudaranya Frederick dan Julia.

Minerva Dia menghadiri sekolah dasar di kota kelahirannya, ibunya dimiliki dan dikelola oleh itu, yang juga dihadiri oleh mantan Presiden Jacobo Arbenz Guzman, putra seorang imigran Jerman Swiss, pada tahun 1920.

Kemudian, keluarganya pindah ke Guatemala City, di mana ia belajar dan lulus dari Sekolah Eropa, juga dimiliki oleh ibunya. Kemudian, sebagai pengakuan atas karya sekolah itu, Perkotaan Sekolah resmi untuk Boys untuk pembibitan, terletak di zona 6 modal, bernama Maria Cristina Rolz Bennet.

Rolz Bennet memenangkan gelar pengacara dan notaris pada tahun 1941, di mana dia mempresentasikan thesis "Masalah keamanan dalam estimasi hukum", 113 halaman.

Ia menikah Juliet Castro, warga negara Kosta Rika dan memiliki tiga anak.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendiri Fakultas Ilmu Budaya di USAC, 17 September 1945, yang diberi nama dekan, posisi dia menjabat sampai 1950. Dalam pengakuan atas karyanya ia terpilih untuk masa jabatan kedua, 1950-1954, di mana dasar dari kekuatan, serta organisasi administrasi dan akademik yang dikonsolidasikan.

Pada berdirinya Lembaga Adat Nasional, pada tahun 1945, sebuah badan penasehat yang disebut Dewan Penasehat terdiri dari 11 anggota yang mewakili berbagai lembaga publik dan swasta juga dibuat. Untuk USAC berpartisipasi José Rolz Bennet.

Dia menjabat sebagai presiden dari Institute Guatemala Jaminan Sosial 23 Desember 1946, posisi ia mengundurkan diri pada 9 Februari 1948.

USAC Perwakilan Kongres Pertama Amerika Latin Universitas, yang diselenggarakan di gedung universitas pada tahun 1949. Selama sama "Surat Universitas Amerika Latin" telah disetujui, diusulkan oleh dia.

Organisasi Internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa[sunting | sunting sumber]

Beberapa organisasi Internasional yang pernah dijabatnya, antara lain elegasi dari Guatemala ke Rapat Organisasi Negara-negara Amerika (OCAS), yang diadakan di Antigua Guatemala pada Agustus 1955, Duta Besar Guatemala untuk PBB di 1955-1960. Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Asisten Khusus Urusan Politik PBB 1960-1971 sebagai kepala staf Sekretaris Jenderal pada misi yang berbeda dan penjaga perdamaian PBB.

Sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa 1962-1969, Rolz Bennett berpartisipasi dalam upaya untuk kemerdekaan Nugini Barat, yang kemudian dikenal sebagai Papua. Dengan demikian, 1 Oktober 1962 dilantik sebagai Administrator Sementara dan masa jabatannya berakhir pada 16 November tahun yang sama.

Pada tanggal 4 Maret 1964, Dewan Keamanan PBB akhirnya sepakat untuk mengirim pasukan penjaga perdamaian (UNFICYP) untuk mengakhiri pertempuran antara warga sipil dan pasukan militer dari pulau Siprus. Kemudian Sekretaris PBB Rolz Bennett diusulkan sebagai mediator, mengingat seorang pengacara yang mampu dengan reputasi yang berkembang dalam memecahkan masalah.

Pada tahun yang sama ia menghadiri Rapat IX Konsultasi Menteri Luar Negeri, yang diselenggarakan dari 21-26 Juli di Washington, untuk melayani sebagai badan konsultatif untuk pelaksanaan Inter-Amerika Perjanjian Bantuan Timbal Balik (Rio Treaty), sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Krisis lain terjadi di Siprus pada bulan November tahun 1967, sebagai hasil dari intervensi militer oleh Turki, yang dapat dihindari, terutama karena oposisi dari Amerika Serikat. Negosiasi yang dilakukan oleh Cyrus Vance, untuk EE. UU., Dan Rolz Bennett, atas nama Sekretaris Jenderal PBB, yang mengarah untuk menyelesaikan konflik.

Pada tahun 1967, dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris Jenderal Khusus Urusan Politik PBB, berpartisipasi sebagai pembicara tamu di Sidang Tahunan "Model United Nations" (MUNFW) XVIII, yang sejak tahun 1951 telah ditetapkan sebagai program simulasi untuk mahasiswa yang berpartisipasi dalam sesi di Model United Nations, dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang Prinsip dan sarana yang hubungan internasional dapat disimpan.

Referensi[sunting | sunting sumber]