Jonny Reid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jonny Reid

Jonathan Ross Reid (lebih dikenal dengan nama Jonny Reid; lahir di Auckland, Selandia Baru, 18 Oktober 1983; umur 30 tahun) adalah seorang pembalap mobil professional asal Selandia baru. Saat ini ia turun di ajang IndyLight Series. Sebelumnya orang banyak mengenal Reid sebagai pembalap A1GP yang lumayan sukses walaupun belum pernah mengantarkan timnya menjadi juara umum.

Profil[sunting | sunting sumber]

Reid berasal dari keluarga pembalap. baik kakek dan ayahnya adalah pembalap kondang di Selandia Baru. Ayah Reid, Clayton Reid adalah juara umum karting Selandia Baru. Jonny lantas menyebut dirinya sebagai "kiwi yang gentle", dan kemudian berkata bahwa "balapan adalah hal yang paling ia cintai".

Karier[sunting | sunting sumber]

Karting[sunting | sunting sumber]

Jonny Reid memulai karier karting di usia delapan tahun. Pada 1996 ia memenangi gelar pertamanya, the New Zealand North Island Championship kategori kelas pemula. Pada 1997 ia memenangi gelar di kelas junior, dan kemudian diulanginya lagi di 1998, namun kali ini dalam kelas junior interkontinental. Pada 1999 Reid memenangi gelar juara umum regional Selandia Baru, yang kemudian mengantarkannya menuju ajang professional.

Ajang semi-pro[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari gokart, Jonny lantas memulai kariernya di ajang Formula Ford pada 2002. Di 2003 ia pindah ke ajang Formula 4000, dan kemudian berhasil memenangi lima balapan. Ia juga lantas sempat mencoba ajang Barthurst 1000, sebelum akhirnya datang tawaran dari tim A1GP Selandia Baru.

A1GP[sunting | sunting sumber]

Di 2005, Reid masuk sebagai pembalap utama tim Selandia Baru, bergantian bersama Matt Halliday, dan dimusim pertamanya itu tim Selandia Baru berhasil meraih 77 poin dan duduk di P4 klasemen akhir.

Pada 2006 Reid menjadi satu-satunya pembalap A1GP dari tim Selandia Baru. ia lantas mengantarkan timnya untuk meraih pole position pertama di Masaryk Circuit. Reid kemudian meraih kemenangan perdananya di ajang A1GP di Sentul, Jawa Barat dengan memenangi sprint race.

Pada musim 2007-08, Reid masuk menjadi kandidat juara umum A1GP. Sayangnya ia banyak terlibat kecelakaan, dan akhirnya harus puas menduduki P2 di bawah tim Swiss dengan pembalapnya Neel Jani.

Indy Lights[sunting | sunting sumber]

Bulan Mei 2008, seusai musim A1GP, Reid lantas memutuskan untuk hengkang ke ajang IndyCar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]