Jonestown

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jonestown di Guyana
Jonestown
Jonestown
Georgetown
Georgetown
Kaituma
Kaituma
The Peoples Temple Agricultural Project ("Jonestown", Guyana).

Proyek Pertanian Kenisah Rakyat, yang lebih dikenal dengan nama tidak resmi "Jonestown", adalah sebuah permukiman terpencil yang didirikan oleh Kenisah Rakyat, kultus Amerika di bawah kepemimpinan pendeta Jim Jones, di utara Guyana. Tempat ini menjadi terkenal secara internasional pada tanggal 18 November 1978, ketika 918[1][2] orang meninggal di permukiman ini, di dekat landasan udara di Port Kaituma, dan di bangunan yang dikelola oleh kultus ini di Georgetown, ibu kota Guyana. Nama permukiman ini menjadi identik dengan insiden yang di lokasi tersebut.

Total 909 orang meninggal di Jonestown, karena keracunan sianida (kecuali dua orang), dalam sebuah peristiwa yang disebut "bunuh diri revolusioner" oleh Jones dan beberapa anggota dalam sebuah rekaman audio dari peristiwa ini cara dan dalam diskusi-diskusi sebelumnya. Kasus keracunan di Jonestown diikuti oleh pembunuhan lima orang lainnya oleh anggota kultus di Port Kaituma, termasuk Anggota Kongres Amerika Serikat, Leo Ryan, yang diperintahkan oleh Jones. Empat anggota lainnya melakukan pembunuhan dan bunuh diri di Georgetown atas perintah Jones.

Meskipun beberapa orang menganggap peristiwa di Jonestown sebagai bunuh diri massal, kebanyakan orang—termasuk korban selamat di Jonestown—menganggapnya sebagai pembunuhan massal.[3][4] Semua yang meminum racun melakukannya di bawah paksaan, dan sepertiga dari korban (304) adalah anak di bawah umur.[5][6] Ini adalah salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah modern dan mengakibatkan jumlah kematian tunggal terbesar dari masyarakat Amerika dalam tindakan yang disengaja, sebelum dilewati oleh peristiwa tanggal 11 September 2001.[7]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Inside the Jonestown massacre". CNN. November 13, 2008. Diakses tanggal May 14, 2015. 
  2. ^ "How many people died on November 18?". Alternative Considerations of Jonestown and Peoples Temple. Jonestown Project: San Diego State University.
  3. ^ Dalam dokumenter Jonestown: The Life and Death of Peoples Temple, mantan anggota kultus ini yang bernama Stanley Clayton menolak untuk "menggunakan istilah 'bunuh diri'" karena "pria itu [Jones] yang membunuh kami"; anggota lainnya, Tim Carter, mengatakan bahwa korbannya "disembelih dengan sekejam-kejamnya" dan bahwa kematian mereka tidak ada hubungannya dengan "bunuh diri revolusioner".
  4. ^ "Murder or Suicide: What I Saw" by Tim Carter. Alternative Considerations of Jonestown and Peoples Temple. Jonestown Project: San Diego State University.
  5. ^ "WHY 900 DIED IN GUYANA' by Carey Winfrey. The New York Times, Feb. 25, 1979
  6. ^ "How many children and minors died in Jonestown? What were their ages?" Alternative Considerations of Jonestown and Peoples Temple. Department of Religious Studies, San Diego State University.
  7. ^ Rapaport, Richard. Do you believe in magic? "Jonestown and City Hall slayings eerily linked in time and memory." San Francisco Chronicle. 16 November 2003.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]