Jonathan Kellerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jonathan Seth Kellerman (lahir 9 Agustus 1949) adalah seorang novelis Amerika, psikolog, dan penulis pemenang Penghargaan Edgar dan Anthony yang terkenal karena novel misteri populernya yang menampilkan karakter Alex Delaware, seorang psikolog anak yang menjadi konsultan di Departemen Kepolisian Los Angeles.[1]

Lahir di Lower East Side Kota New York, keluarganya pindah ke Los Angeles ketika Jonathan berusia sembilan tahun.[2]

Kellerman lulus dari University of Southern California (USC) dengan gelar doktor filsafat di bidang psikologi pada tahun 1974, dan mulai bekerja sebagai staf psikolog di USC School of Medicine, di mana ia akhirnya menjadi profesor klinis penuh di bidang pediatri. Ia membuka praktik pribadi pada awal 1980-an sambil menulis novel di garasi rumahnya pada malam hari.[3]

Novel pertamanya yang diterbitkan, When the Bough Breaks, muncul pada tahun 1985, bertahun-tahun setelah ditulis dan karyanya ditolak. Dia kemudian menulis lima novel terlaris saat masih menjadi psikolog. Pada tahun 1990, dia berhenti dari praktik pribadinya untuk menulis penuh waktu. Dia telah menulis lebih dari 40 novel kriminal, serta karya nonfiksi dan buku anak-anak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jonathan Kellerman Newsmakers"Perlu langganan berbayar. Student Resources in Context. 2009. Diakses tanggal November 26, 2018. 
  2. ^ "Kellerman, Jonathan World Authors 200-2005". EBSCOhost. January 2007. Diakses tanggal November 21, 2018. 
  3. ^ Rubenstein, Mark (March 21, 2018). "Jonathan Kellerman and the Dark Side of Psychology". CrimeReads. Diakses tanggal December 5, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]