Joko Wiryanto Suwito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Joko Wiryanto Suwito
Nama lahir Joko Wiryanto Suwito
Nama lain Jeanny Stavia, Avi Naif
Lahir 18 Desember 1970
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Meninggal 19 Januari 2006 (umur 35)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan model
Tahun aktif 1996 - 2006
Orang tua Alm. Raden Heru Suwito (ayah)
Marina Suwito (ibu)

Joko Wiryanto Suwito (lahir di Jakarta, 18 Desember 1970 – meninggal di Jakarta, 19 Januari 2006 pada umur 35 tahun) adalah nama asli Avi 'Naif', seorang waria yang paling dikenal sebagai bintang salah satu video klip grup musik Naif. Dikenal juga dengan nama Jeanny Stavia. Namanya mulai mencuat di kancah dunia hiburan sejak membintangi video klip Naif yang berjudul "Posesif". Selain itu, Avi juga pernah meraih "Best Model Videoklip MTV" tahun 2001. Dalam keseharian, ia adalah seorang model dan pernah meraih predikat "Ratu Waria Indonesia" pada tahun 1997 dan tergabung dalam grup Golden Boys. Sepanjang kariernya, ia juga sering tampil sebagai bintang tamu dalam acara komedi dan reality show.

Avi meninggal di RS Dharmais, Jakarta karena kanker paru-paru pada tanggal 19 Januari 2006. Kanker paru-paru memang bukan penyakit baru untuk Avi. Sudah sejak tahun 2002, penyakit tersebut menggerogoti tubuhnya. Sebelum dirawat di RS Dharmais, setahun belakangan Avi juga melakukan rawat jalan. Walaupun selama ini, Avi menganggap dirinya adalah seorang wanita, bahkan ia pernah berencana menikah dengan pria blasteran Belanda bernama Paul Jureen,[1] namun Avi menyampaikan permintaan terakhirnya pada sang ibu bahwa Ia ingin dimakamkan sebagai seorang pria. Ibunya bernama Marina Suwito.

Sebelum heboh kasus rencana pertunangannya, Avi juga menjadi bahan pemberitaan ketika ia kedapatan memiliki satu paket narkotika jenis ganja seberat 3,9 gram pada tahun 2003 lalu. Atas kasus itu, Avi pun harus mendekam di penjara sejak 19 September 2003[2] dan dibebaskan pada 20 Agustus 2004 setelah mendapat remisi satu bulan pada peringatan 17 Agustus 2004.[3]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]