John Lane (penerbit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kursi Keluarga Lane di Gereja St Nectan, Stoke

John Lane (lahir 14 Maret 1854 – meninggal 2 Februari 1925 pada umur 70 tahun) adalah seorang penerbit Inggris yang bersama dengan Charles Elkin Mathews mendirikan The Bodley Head pada 1887.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Berasal dari Devon, dimana ia lahir dalam keluarga petani, Lane pindah ke London pada masa remaja. Saat bekerja sebagai seorang petugas di Railway Clearing House, ia belajar secara otodidak.

Setelah memasuki pasar buku London, ia menjadi salah satu pendiri dari The Bodley Head, awalnya sebuah firma yang mengurusi buku-buku antik. Mereka kemudian menjadi penerbitan. Lane utamanya terlibat dalam menerbitkan teks-teks mengejtukan dan kontroversial, secara khusus bagi kalangan kecil dan berminat. Contoh-contohnya adalah The Yellow Book (1894 - 1897) dan Keynote Series pimpinan Lane, yang meliputi material berisi seperti novel Grant Allen The Woman Who Did (1895), tanggapan Victoria Crosseterhadap karya tersebut, novel The Woman Who Didn't (1895), dan novel H.G. Wells tentang hubungannya dengan Amber Reeves, The New Machiavelli (1911).

Pada 13 Agustus 1898, John Lane menikahi Annie Philippine King, janda dari Tyler Batcheller King dan putri dari Julius Eichberg. Annie Lane adalah pengarang To Thee, O Country (himne nasional) dan buku-buku Brown's Retreat, Kitwyk (diterbitkan oleh John Lane pada 1903), The Champagne Standard, Talk of the Town dan According to Maria. John Lane wafat karena pneumonia pada 2 Februari 1925 di rumahnya di 8 Lancaster Gate Terrace, Bayswater, London. Ia dikremasi di Golders Green, dan abunya disemayamkan di Gereja St Nectan, Hartland, Devon. Para keponakannya, Allen, Richard dan John, mendirikan Penguin Books.

Di halaman gereja St Nectan, Stoke, dekat Hartland di Devon, terdapat sebuah kursi batu yang mengenang berbagai anggota keluarga Lane.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]