John Elwood Bundy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Elwood Bundy (1 Mei 1853 – 17 Januari 1933) adalah seorang pelukis Impresionis Amerika yang dikenal sebagai "dekan" dari Richmond Group pelukis pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Bundy lahir dari keluarga Quaker di Guilford County, North Carolina, dan dipindahkan oleh kereta tertutup ke sebuah peternakan dekat Monrovia, Indiana, bersama keluarganya pada usia lima. Dia belajar sebentar di Indianapolis dengan Barton S. Hays tetapi terutama otodidak. Bundy melakukan perjalanan ke New York untuk menyalin lukisan di Museum Seni Metropolitan untuk sementara waktu. Ia bergabung dengan departemen seni Earlham College pada tahun 1887 dan mulai melukis penuh waktu pada tahun 1895 dari sebuah studio di belakang rumahnya di West Main Street di Richmond, Indiana. Dia adalah anggota pendiri Masyarakat Seniman Barat dan merupakan pengaruh utama dalam pendirian Museum Seni Richmond pada tahun 1898. Dia dikenal karena karyanya penggambaran lanskap Indiana dan khususnya untuk lukisannya tentang pohon American beech, meskipun ia melakukan perjalanan singkat untuk melukis di California dan Michigan utara.

Karya Bundy terus dicari, dan karyanya ditemukan di banyak koleksi dan museum pribadi, termasuk Museum Seni Indiana Haan Mansion, Museum Seni Indianapolis, Museum Negara Bagian Indiana dan Museum Seni Richmond.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]