John D. Ray

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John David Ray (lahir 22 Desember 1945) adalah seorang egitologis dan akademisi asal Inggris. Dia pernah menjabat sebagai Sir Herbert Thompson, Profesor Egyptology (profesor egiptologi) di Universitas Cambridge. Bidang utamanya meliputi Periode Akhir Mesir Kuno dan Kerajaan Ptolemaik, dengan referensi khusus untuk dokumen naskah demotik, dan dia juga dikenal karena menguraikan Alfabet Karian, sebuah sistem penulisan yang digunakan oleh tentara bayaran Anatolia yang berperang untuk kerajaan Mesir akhir.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ray lahir pada 22 Desember 1945. Dia menempuh pendidikan di Latymer Upper School, sekolah swasta di London, kemudian dilanjutkan ke Trinity Hall, Cambridge. Dia lulus dengan gelar Bachelor of Arts (BA), dan dipromosikan meraih gelar Master of Arts (MA).[1] Ketika di Cambridge, dia dianugerahi Thomas Young medali untuk 'keistimewaan luar biasa di cabang arkeologi oriental mana pun'.[1][2]

Karier Akedemis[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari universitas, Ray bekerja di British Museum sebagai asisten peneliti di Departemen Kepurbakalaan Mesir sampai 1970.[1][3] Dia kemudian bergabung dengan Universitas Birmingham, di sana dia memberi kuliah Egiptologi dari tahun 1970-1977.[4] Pada 1977, dia bergabung dengan Universitas Cambridge dan menjabat sebagai "Reader" (pangkat akademis) dalam bidang Egiptologi.[1][4] Dia dipromosikan menjadi Profesor dan diangkat menjadi Sir Herbert Thompson, Professor Egyptology pada tahun 2005.[4]

Dia pensiun pada tahun 2013 dan diangkat sebagai Profesor Emeritus.[1][5]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Ray menikah dengan pendeta wanita Sonia Falaschi-Ray, seorang imam Gereja Inggris.[6]

Anggota kehormatan[sunting | sunting sumber]

Ray terpilih menjadi Fellow dari Society of Antiquaries of London (FSA) pada 11 Mei 2000,[7] dan pada tahun 2004, dia terpilih menjadi Fellow of the British Academy (FBA).[4]

Karya-karyanya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "John David RAY". People of Today. Debrett's. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 September 2015. Diakses tanggal 1 August 2014. 
  2. ^ "Thomas Young Medal". Statutes and Ordinances of the University of Cambridge. University of Cambridge. Diakses tanggal 1 August 2014. 
  3. ^ "Prof. John Ray". Division of Archaeology. University of Cambridge. Diakses tanggal 2 August 2014. 
  4. ^ a b c d "RAY, Professor John". British Academy Fellows. British Academy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 August 2014. Diakses tanggal 1 August 2014. 
  5. ^ "Senior Members of Selwyn College". Selwyn College. Diakses tanggal 2 August 2014. 
  6. ^ "Professor John Ray". Guest Speaker Details. Noble Caledonia. Diakses tanggal 2 August 2014. 
  7. ^ "Fellows Directory - R". Society of Antiquaries of London. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-29. Diakses tanggal 2 August 2014. 
  8. ^ Reviewed in The Guardian, and Times Higher Education.
  9. ^ Reviewed in The Times, The Washington Post, and New Scientist.