Johanna Spyri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Johanna Spyri
Johanna Spyri, 1879
Johanna Spyri, 1879
LahirJohanna Louise Heusser
(1827-06-12)12 Juni 1827
Hirzel, Swiss
Meninggal7 Juli 1901(1901-07-07) (umur 74)
Zürich, Swiss
PekerjaanPenulis cerita pendek, novelis
GenreChildren's literature, sastra dewasa
Karya terkenalHeidi

Johanna Louise Spyri (née Heusser; bahasa Jerman: [joˈhana ˈʃpiːri]; 12 Juni 1827 – 7 Juli 1901) adalah seorang penulis novel Swiss, terutama cerita anak-anak, dan terkenal karena bukunya Heidi. Lahir di Hirzel, daerah pedesaan di kanton Zurich, Swiss, sebagai seorang anak ia menghabiskan beberapa musim panas di dekat Chur di Graubünden, pengaturan yang nantinya akan dia gunakan dalam novelnya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1852, Johanna Heusser menikah dengan Bernhard Spyri. Bernhard adalah seorang pengacara. Saat tinggal di kota Zürich dia mulai menulis tentang kehidupan di pedesaan. Cerita pertamanya, A Leaf on Vrony's Grave, yang berhubungan dengan kehidupan seorang wanita kekerasan dalam rumah tangga, diterbitkan pada tahun 1880; tahun berikutnya cerita lebih lanjut untuk orang dewasa dan anak-anak muncul, di antaranya novel Heidi, yang dia tulis dalam empat minggu. Heidi menceritakan kisah seorang gadis anak yatim yang tinggal bersama kakeknya di Alps Swiss, dan terkenal dengan penggambaran lanskapnya yang jelas.

Suaminya dan anak tunggalnya, keduanya bernama Bernhard, keduanya meninggal pada tahun 1884. Sendirian, dia mengabdikan dirinya untuk amal dan menulis lebih dari lima puluh cerita sebelum kematiannya pada tahun 1901. Dia dimakamkan di plot keluarga di Pemakaman Sihlfeld-A di Zürich. Sebuah ikon di Swiss, potret Spyri ditempatkan pada stempel pos pada tahun 1951 dan pada 20 CHF koin peringatan pada tahun 2009.

Gravesite at Sihlfeld cemetery in Zurich

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]