Joanna Sophia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joanna Sophia dari Bayern
Permaisuri Austria
Johana Sofie Bavorská.jpg
Memerintah sebagai pasangan 1395–1404
Pasangan Albert IV, Adipati Austria
Anak
Albert II dari Jerman
Margarete, Wanita Bangsawan Bayern
Wangsa Istana Wittelsbach
Ayah Albert I, Adipati Bayern
Ibu Margaret dari Brieg
Lahir 1373
Meninggal 15 Nopember 1410
Wina

Joanna Sophia dari Bayern (sekitar 1373 – 15 Nopember 1410) merupakan putri bungsu Albert I, Adipati Bayern dan istri pertamanya Margaret dari Brieg. Ia adalah anggota keluarga Istana Wittelsbach.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Eyang paternalnya adalah Louis IV, Kaisar Romawi Suci dan istri keduanya Margaret II, Wanita Bangsawan Hainaut. Eyang maternalnya adalah Ludwik I yang Bijaksana dan istrinya Agnes dari Głogów.

Putra Joanna Sophia, Albert II dari Jerman menikahi Elisabeth dari Bohemia (1409–1442) dan mereka adalah orangtua dari: Ladislaus yang Anumerta, Anne, Wanita Bangsawan Luksemburg dan Elisabeth dari Austria, yang menjadi Permaisuri Polandia. [1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Juni 1395, Joanna Sophia menikah dengan Albert IV, Adipati Austria di Wina. Pernikahan tersebut berakhir dengan sebuah pertikaian di antara ayah Johanna Sophia dan ayah Albert, Albert III, Adipati Austria. Ayah Johanna Sophia setuju membayar 10,000 dai ia memberikan Albert III benteng gunung ular dan kota Deggendorf.

Pernikahan itu menghasilkan 2 orang anak:

  1. Albert V (16 Agustus 1397–27 Oktober 1439, Neszmély, Hongaria).
  2. Margarete (26 Juni 1395, Wina–24 Desember 1447), menikah di Landshut 25 Nopember 1412 dengan Adipati Henry XVI dari Bayern. [2]

Albert kerap bertikai dengan anggota keluarga Joanna Sophia, seperti dengan saudara iparnya Wenceslaus, Raja Romawi dan saudara tirinya Sigismund, Kaisar Romawi Suci. Pertikaian tersebut hanya berakhir dengan kematian Albert pada tahun 1404. Joanna Sophia mengatur pernikahan untuk anak-anaknya. Ia bernegosiasi dengan Frederick, Adipati Bayern, untuk menikahkan putrinya, Margaret dengan putranya, Henry XVI, Adipati Bayern. Henry dan Margaret menikah dua tahun setelah kematian Joanna Sophia.

Putranya, Albert menikahi Elizabeth dari Bohemia, putri tunggal Sigismund, Kaisar Romawi Suci, dan istri keduanya, Barbara dari Cilli.

Joanna Sophia wafat pada usia 36 atau 37 tahun di Wina. Hampir 3 dekade setelah kematiannya, putranya Albert menjadi Raja Jerman. [3]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Templat:Ahnentafel-compact4

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles Cawley, Medieval Lands, Hainaut
  2. ^ Johanna von Wittelsbach
  3. ^ Ancestors of Johanna von Wittelsbach