Jingkrak-batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jingkrak-batu
Chaetops
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliChaetopidae
GenusChaetops
Swainson, 1832

Jingkrak-batu adalah burung pemakan serangga atau omnivora berukuran sedang dalam genus Chaetops, yang merupakan seluruh keluarga Chaetopidae . Kedua spesies tersebut, jingkrak-batu tanjung, Chaetops frenatus, dan jingkrak-batu Dragensberg, Chaetops aurantius, merupakan penduduk endemik di Afrika bagian selatan. [1] Jingkrak-batu tanjung adalah pembiak West Cape dan barat daya East Cape, dan jingkrak-batu dada-jingga (atau Drakensberg) tersebar di Dataran Tinggi Lesotho dan daerah sekitarnya di Afrika Selatan . Burung ini dianggap sebagai spesies terpisah namun berbeda dalam ukuran dan bulu . Kisarannya tidak tumpang tindih, tetapi hampir sama. Juga ditemukan di pegunungan kota kecil Middelburg di bagian timur Cape dimana mereka dilindungi karena merupakan spesies yang terancam punah.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung kecil dengan bulu sebagian besar berwarna hitam, putih, dan merah. Kedua spesies ini memiliki ekor hitam panjang berujung putih, tenggorokan hitam, garis submustachial dan alis lebar berwarna putih, perut dan pantat pisangga atau jingga, serta punggung dan sayap berpola abu-abu dan hitam. Betina memiliki pola yang mirip dengan jantan, namun lebih kusam. [2] Irisnya berwarna merah dan paruh serta kakinya berwarna hitam. Sayap mereka sangat kecil dan jarang terbang. Mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan berlari dan melompat di antara batu dan rumput sambil berburu serangga.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Para burung Jingkrak-batu mencari makan secara berkelompok dan mencari makan di tanah. Kelompok tersebut dapat berjumlah hingga 6 burung (untuk Cape) dan 12 burung (untuk Drakensberg), tetapi kelompok tersebut juga dapat tersebar cukup luas saat mencari makan. [3] [4] Serangga adalah makanan utama, meskipun vertebrata kecil dilaporkan dikonsumsi oleh pelompat batu Cape. [3] Berbagai jenis serangga diambil, termasuk ulat, ngengat, belalang, kumbang, dan lalat. Selain serangga, mangsa lainnya antara lain kadal dan tokek, amfibi, kalajengking, cacing annelida, dan laba-laba. Burung gagak sering menyerang burung karena sama-sama memakan makanan yang sama, burung gagak akan berkhianat hingga mereka meninggalkan makanan tersebut.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Mereka bersifat monogami dan berpasangan membangun wilayah yang dipertahankan sepanjang tahun. Pada Jingkrak-batu tanjung , wilayah sebarannya bervariasi dari 4–11 ha (10–27 ekar) . Kedua spesies tersebut mempekerjakan pembantu, biasanya anak-anak dari induk sebelumnya, untuk membantu pasangan pembiakan dalam membesarkan anak-anaknya. [5] Sarang dibuat dari rumput di tanah (berbeda dengan gagak-botak, yang membangun sarang lumpur secara berkoloni). [6] Tiap pasang burung dapat menghasilkan dua butir telur untuk jingkrak-batu tanjung dan dua atau tiga butir telur pada jingkrak-batu Dragensberg. [7] Kedua jenis kelamin mengerami telur selama 19-21 hari. Anakan menjadi dewasa pada usia 19-21 hari, meskipun mereka diberi makan oleh induk dan pembantunya hingga 4 minggu setelah menjadi dewasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ del Hoyo, J.; Elliot, A. & Christie D. (editors). (2007). Handbook of the Birds of the World. Volume 12: Picathartes to Tits and Chickadees. Lynx Edicions. ISBN 978-84-96553-42-2
  2. ^ del Hoyo, J.; Elliot, A. & Christie D. (editors). (2007). Handbook of the Birds of the World. Volume 12: Picathartes to Tits and Chickadees. Lynx Edicions. ISBN 978-84-96553-42-2
  3. ^ a b Collar, N., Robson, C. & Sharpe, C.J. (2017). Cape Rockjumper (Chaetops frenatus). In: del Hoyo, J., Elliott, A., Sargatal, J., Christie, D.A. & de Juana, E. (eds.). Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions, Barcelona. (retrieved from http://www.hbw.com/node/59691 on 4 July 2017).
  4. ^ Collar, N. & Robson, C. (2017). Drakensberg Rockjumper (Chaetops aurantius). In: del Hoyo, J., Elliott, A., Sargatal, J., Christie, D.A. & de Juana, E. (eds.). Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions, Barcelona. (retrieved from http://www.hbw.com/node/59692 on 4 July 2017).
  5. ^ Holmes R, Frauenknecht B, & M Du Plessis (2002) "Breeding System of the Cape Rockjumper, a South African Fynbos Endemic" Condor 104 (1): 188–192 DOI:[0188:BSOTCR2.0.CO;2 10.1650/0010-5422(2002)104[0188:BSOTCR]2.0.CO;2]
  6. ^ Thompson, Hazell S. (2003). "Rockjumpers and Rockfowl". Dalam Christopher Perrins. Firefly Encyclopedia of BirdsPerlu mendaftar (gratis). Firefly Books. hlm. 515. ISBN 1-55297-777-3. 
  7. ^ del Hoyo, J.; Elliot, A. & Christie D. (editors). (2007). Handbook of the Birds of the World. Volume 12: Picathartes to Tits and Chickadees. Lynx Edicions. ISBN 978-84-96553-42-2