Jerowaru, Lombok Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jerowaru
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kabupaten Lombok Timur
Pemerintahan
 • Camat M. Juaini Taufik ( sekarang /2011 )
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan Desa Jerowaru, Desa Pemongkong, Desa Sukaraja, Desa Batunampar, Desa Pandan Wangi, dan beberapa desa baru yang "mekar" pada tahun 2010.-

Jerowaru adalah sebuah kecamatan di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Tambahan singkat niki tetulis isiq Amak Gladwin Sukeraje Dese Sukeraje Jerowaru.

Kecamatan Jerowaru terletak di ujung Selatan Lombok Timur yang kaya dengan potensi pengembangan budidaya perikanan pantai (Kerapu, Lobster, dll). Kecamatan yang dikenal dengan sebutan SEKAROH ini menyimpan sejuta pesona pariwisata yang eksotis (Pantai Surga, Sungkun, Kaliantan, Cemara, Gili Sunut dan Tanjung Ringgit adalah tempat-tempat yang senantiasa dikagumi oleh siapapun yang memandang).

Kekurangan air bersih merupakan masalah klasik yang telah lama dihadapi oleh warga di daerah selatan pulau Lombok termasuk Jerowaru. Hal ini telah diupayakan solusinya oleh Pemda Lombok Timur dengan memberikan bantuan beberapa truk pengangkut air bersih namun tetap saja tidak mampu memenuhi hajat hidup penduduk yang rata-rata hidup di bawah garis kemiskinan.

Mata pencaharian penduduk secara umum adalah bertani, berladang dan berternak. Pada musim hujan para petani menanam padi dengan sistem Gora (gogo rancah, peninggalan Presiden Soeharto)sementara di musim kemarau sebagian menanam tembakau Virginia. Untuk menopang usaha pertanian ini para petani umumnya membangun semacam penampung air berukuran 0,5 - 2 hektar yang disebut Embung. Embung ini menampung air hujan di musim penghujan untuk digunakan mengairi sawah di musim kemarau.

Di samping yang telah disebutkan di atas jerowaru juga dikenal sebagai sentra budidaya perikanan air tawar di embung-embung yang banyak tersebar terutama di Desa Sukeraje, Desa Jerowaru, Desa Pandan Wangi dan Desa Wakan. Jenis ikan yang dipelihara biasanya adalah ikan karper dan ikan nila, yang dipanen (biasanya dengan sistem memancing borongan) mulai bulan Mei sampai Agustus tiap tahunnya.

DESA & DUSUN DI KECAMATAN JEROWARU (berdasarkan Demographic Surveillance oleh Saiful Basri, thn 2003)

1) Desa Jerowaru (terdiri dari dusun Jerowaru Daye.Jerowaru Bat, Montong Wasi,Ratu,Telong-Elong,Poton Bako,Jor,Muhajirin,Plambik)

2) Desa Sukaraja (terdiri dari dusun Sukeraje, Tangun,Dasan Baru ,Kaliwangkok,Montong Setaik,Serangin,mt.Kelek)

3) Desa Batu Nampar (terdiri dari dusun Batu Tembere Daye ,Tembere Lauk ,Menseh, Taman Sari,Dasan Baru)

4) Desa Pemongkong (terdiri dari dusunPemongkong Timur,Pemongkong Bat,Erot,Ujung Betok,Ujung ,Serumbung)

Namun saat ini (2012) desa-desa tersebut tengah dipersiapkan untuk dimekarkan wilayahnya menjadi beberapa desa yang baru sebagai berikut:

1. Desa Pandan Wangi (pemekaran wilayah Desa Jerowaru)

2 .Desa Sepapan (Pemekaran Desa Jerowaru)

3. Desa Wakan (pemekaran dari wilayah desa Sukaraja)

4. Desa Sukadamai (Pemekaran Desa Sukaraja)

5. Desa Pengoros (sebelumnya bagian dari desa Pemongkong)

6. Desa Ekas Buana (bagian dari desa Pemongkong)

7. Desa Seriwe (Pemekaran desa Pemongkong)

8. Desa Kwang Rundun (Pemekaran desa Pemongkong )

9. Desa Pare Mas (Pemekaran Desa Pemongkong )

10. Desa Pene (dari Desa Batu Nampar)

11. Desa Batu Nampar selatan (Pemekaran desa Bt.Nampar )

Pada Tahun 2012 sampai Sekarang Kecamatan Jerowaru telah memiliki 15 Desa yang definitif dan telah memiliki Kepala desa yang definitif pula,karena sudah melaksanakan Pemilihan Kepala desa .

Artikel ini disunting pertama kali oleh Saiful Amak Gladwin Sukeraje, saran & kritik ke fb "Saeful Evol Basri" dan disempurnakan oleh Sdr. JMS Bt.Golok -Sepapan.