Jebakan minyak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
contoh jebakan antiklin

Jebakan minyak atau rumah minyak bumi merupakan struktur yang kedap/tidak dapat melalukan cairan (impermeable) sehingga menahan gerakan minyak bumi dan menjadikannya terkumpul menjadi semakin banyak. Terkadang disebut juga perangkap hidrokarbon.

Ada 3 Jenis jebakan minyak bumi, yaitu

  1. Jebakan Struktural
  2. Jebakan Stratigrafi
  3. Jebakan kombinasi

Jebakan Struktural adalah jenis perangkap minyak bumi yang berasal dari deformasi lapisan bisa berupa lipatan maupun patahan dan deformasi tersebut dihasilkan oleh gaya tektonik. Jebakan struktural yang umum ditemui untuk perangkap hidrokarbon adalah antiklin, dome maupun basin. Jebakan struktural bisa menjadi indikator kuat adanya hidrokarbon yang terperangkap. Pada antiklin, ketika terjadi perlipatan ke atas, minyak bumi terakumulasi di puncak lipatan. Dan pada dome atau dikenal sebagai kubah garam, perangkap berbentuk bulat dan batuan tertuanya berada di tengah. Sedangkan pada basin, perangkap berbentuk cekungan dengan batuan paling muda berada di tengah.

Jebakan Stratigrafi merupakan jebakan minyak bumi yang terjadi karena minyak bumi terperangkap dari segala arah sehingga terhenti perjalanannya, disebabkan oleh lapisan batuan yang impermeabel. Biasanya berhubungan dengan ketidakselarasan yang menyebabkan lapisan impermeabel tadi mampu menjadi perangkap minyak bumi.Kebanyakan minyak dan gas bumi yang ditemukan di Timur Tengah terjebak pada perlapisan limestone. Di lapisan tersebut minyak bumi terakumulasi.

Jebakan kombinasi merupakan gabungan dari jebakan struktural maupun stratigrafi yang ada bersamaan sehingga minyak bumi bisa terakumulasi. Misalnya setelah ada antiklin, di atasnya lapisan impermeabel seperti limestone, sehingga reservoar minyak bumi bisa terjebak.