Jayamukti, Cikarang Pusat, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jayamukti
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
Kabupaten
[[Kabupaten
Bekasi|Bekasi]]
KecamatanCikarang Pusat
Kode Kemendagri32.16.20.2005 Edit the value on Wikidata
Luas518. km²
Jumlah penduduk22648 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

[[Kategori:Desa di Kabupaten
Bekasi]]

Jayamukti adalah desa di kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Sejarah Desa Jayamukti

Desa Jayamukti merupakan salah satu desa hasil pemekaran Desa Sertajaya Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Bekasi yaitu pada tahun 1983 yang dipimpin oleh seorang kepala Desa yang pada waktu itu belum mempunyai kantor dan menyewa salah satu rumah warga keadaan tanahnya sangat tandus dan sebagian berbukit, penduduknya masih awam namun adat istiadat masih pekat di masyarakat. Pemerintah Desa Jayamukti sudah mengalami pergantian pimpinan 5 kali periode, kesatu sampai tahun 1991 Desa Jayamukti sudah mempunyai kantor namun statusnya masih belum jelas, selanjutnya periode kedua sampai 1999 pemerintah desa sangat prihatin dikarenakan sudah banyak investor yang menambah modal di Desa Jayamukti tapi kantor masih belum jelas keberadaanya dan penduduk Desa Jayamukti mulai beraneka ragam dengan adanya pengembangan dengan proyek real estate perum Cikarang Baru kemudian periode ke tiga tahun 2000-2006 kepala Desa Jayamukti terpilih baru menjabat 6 bulan dipangil oleh yang Maha Kuasa maka digantikannya sekretatis desa sebagai PJS Kepala Desa sampai pengajuan akhir jabatan 2006 banyak perubahan walau PJS kantor sudah dibangun dan milik masyarakat dan juga memiliki aula dan mushola, di periode 5 dari tahun 2013 - 2019 dengan wilayah tetap namun jumlah penduduk bertambah seiring bertambah sering terbukanya lapangan pekerjaan diwilayah Desa Jayamukti.

Adapun Nama-Nama Kepala Desa diantaranya :
No. Nama Tahun Keterangan
1 Bapak Ijhar 1983 s/d 1992 1 Periode
2 Drs. Sardi 1992 s/d 1999 1 Periode
3 Maan / Kanun 2000 s/d 2007 1 Periode
4 Ulud Sapurdin 2007 s/d 2013 1 Periode
5 Martin Hajar Winata .SE 2013 s/d 2019 1 Periode
6 Erwin Hermawan 2019 s/d 2020 1 Periode

Saat ini Desa Jayamukti dipimpin oleh Bapak : Erwin Hermawan

Website : https://desajayamukti.wixsite.com/website


Kampung di Desa Jayamukti diantaranya adalah :

1. Kp. Tegal Danas

2. Kp. Binong

3. Kp. Rawa Sentul

4. Kp. Kandang Gereng


Letak Geografis

Desa Jayamukti berda pada wilayah dekat dengan ibu kota Kabupaten Bekasi yang terletak pada 110 LU dan 1410 LS, 950 BT dan 660 BB dan mempunyai luas wilayah 518,5 ha terdiri dari tanah sawah 215 ha dan tanah darat 305,5 ha dengan batas wilayah sebelah utara Kelurahan Sertajaya dan Desa Mekarmukti, sebelah timur Desa Hegarmukti, sebelah selatan Desa Sukamhi dan sebelah barat Desa Cibatu dan Desa Pasir Sari, berada diketinggian 1000m dari permukaan laut, keadaan suhu berkisar rata-rata antara 280C - 320C. Jarak tempuh dari Desa Jayamukti ke ibukota Negara 45km, propinsi 80km, kabupaten 5km dan kecamatan 5km. jumlah penduduk Desa Jayamukti berjumlah 22.648 jiwa terdiri dari laki-laki 11.513 jiwa dan perempuan 11.135 jiwa, jumlah kepala keluarga 5.548 KK dan jumlah pemilih 13.202 jiwa.


Prasarana dan Sarana Sosial Ekonomi

Pada umumnya jenis sarana sosial ekonomi masyarakat Desa Jayamukti berupa usaha perdagangan, terutama warung kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang berskala kecil, disamping itu pada sarana ekonomi yang menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat Desa Jayamukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi adalah perusahaan-perusahaan yang ada diluar Desa Jayamukti.

Adapun yang menjadi primadona atau usaha priotas di Desa Jayamukti adalah sektor pertanian dan peternakan yang menjadi sektor ekonomi andalan bagi masyarakat Desa Jayamukti, dimana jumlah petani dan peternak hampir 70% dari Jumlah Penduduk yang ada di Desa Jayamukti yang berpenghasilan dari sektor pertanian dan peternakan.

Mengenai sektor yang lainnya seperti pedagang, warung, toko, waserda yang mempunyai sektor lain bagi masyarakat Desa Jayamukti yang jumlahnya hanya sebagian kecil dari jumlah penduduk yang ada di Desa Jayamukti.


Telekomunikasi dan Informasi

Penggunaan jaringan komunikasi di Desa Jayamukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, telah ada sejak tahun 1990-an berupa telekomunikasi Telkom Telepon jalur dan Pesawat Interkom serta telekomunikasi lewat surat menyurat melalui kantor pos. Sedangkan mulai tahun 2000-an Jaringan Telekomunikasi lainnya mulai masuk daerah Kecamatan Cikarang Pusat khususnya Desa Jayamukti jaringan Hand Phone (Hp), Telkomsel, Indosat bahkan jaringan internet sudah masuk.

Sedangkan Listrik Negara (PLN) itu sendiri ke Desa Jayamukti sudah masuk sejak Tahun 1980-an, meskipun baru sebagian kecil yang memasang Listrik sebagiannya lagi masih menggunakan penerangan lampu dan lainnya.