Jawa Timur Park Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jawa Timur Park Group
PT Bunga Wangsa Sedjati
Kelompok usaha
IndustriHotel
Pariwisata
Didirikan2011
PendiriPaul Sastro Sendjojo
Kantor
pusat
Tokoh
kunci
Paul Sastro Sendjojo
PemilikPaul Sastro Sendjojo
Situs webSitus web resmi

Jawa Timur Park Group atau dikenal juga dengan Jatim Park Group adalah suatu jaringan hotel dan pariwisata di Indonesia yang didirikan oleh Paul Sastro Sendjojo pada tahun 2001. Jawa Timur Park Group mengelola 15 tempat wisata dan 5 hotel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jawa Timur Park awalnya merupakan tempat wisata yang didirikan oleh Paul Sastro Sendjojo pada tahun 2001. Pembangunan tempat wisata ini dilatarbelakangi keprihatinan Paul terhadap kurangnya tempat wisata di wilayah Kota Batu. Lokasi Kota Batu yang dikelilingi pegunungan dengan cuaca yang sejuk sangat cocok dijadikan destinasi wisata. Dari kondisi tersebut muncul ide untuk membuat tempat rekreasi di Kota Batu.[1][2]

Pada tahun 2009, Jawa Timur Park bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batu mendirikan Jawa Timur Park 2. Kerja sama ini dilakukan agar setiap koleksi edukatif yang ditampilkan terjamin kualitasnya. Selain itu, Jawa Timur Park Group juga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam mengembangkan konten Jawa Timur Park 2. Pembangunan tempat wisata kedua ini menyebabkan perubahan nama tempat wisata Jawa Timur Park menjadi Jawa Timur Park 1 dan pengelolaan tempat wisata menjadi Jawa Timur Park Group. Lokasi Jawa Timur Park 2 ini berada pada kompleks yang sama dengan Jawa Timur Park 1 seluas 22 hektare.[3]

Beberapa tahun kemudian di tahun 2012, Jawa Timur Park Group kembali mengembangkan tempat wisata baru bernama Eco Green Park. Pembangunan tempat wisata ini dilakukan untuk melengkapi wahana yang telah ada sebelumnya di Jatim Park 2. Hal ini sekaligus mengukuhkan Jatim Park 2 sebagai salah satu tujuan wisata nasional setelah Bali. Pada April 2017, Jawa Timur Park Group juga resmi bekerja sama dengan LIPI untuk melakukan penyesuaian sistem pendataan dan pengelolaan flora dan fauna di masing-masing wahana yang disepakati.[3][4]

Jawa Timur Park 1[sunting | sunting sumber]

Jawa Timur Park 1 (atau Jatim Park 1) memiliki 22 wahana dan atraksi, serta , di antaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian di antaranya adalah Volcano dan Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi. Jatim Park 1 beralamat di Jalan Kartika no. 2 Kota Batu, berdekatan dengan Klub Bunga Butik Resort yang juga dikelola oleh Jatim Park Group.[5]

Jawa Timur Park 2[sunting | sunting sumber]

Sedikit berbeda dengan Jatim park 1 yang lebih ditujukan sebagai taman bermain dan hiburan, Jawa Timur Park 2 (atau Jatim Park 2) lebih menunjukkan tempat belajar selain tempat bermain. Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitatnya. Jatim Park 2 dibangun berdekatan dengan kompleks Jatim Park 1 terdiri dari Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Di kawasan juga terdapat hotel milik Jatim Park Group, yaitu Pohon Inn Hotel.

Batu Secret Zoo[sunting | sunting sumber]

Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata dan kebun binatang modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo yang berada di tanah seluas 14 hektare tersebut merupakan bagian dari Jatim Park 2, selain Pohon Inn dan Museum Satwa. Beberapa koleksi hewan dari berbagai habitat yang sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika dapat ditemukan di kebun binatang ini, antara lain singa putih, kijang afrika, burung macau, dan bermacam-macam reptil.

Museum Satwa[sunting | sunting sumber]

Museum Satwa adalah sebuah tempat rekreasi yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Objek wisata ini berada sekitar 20 km sebelah barat Kota Batu dan kini menjadi salah satu icon baru wisata Jawa Timur. Museum Satwa merupakan bagian dari Jatim Park 2.

BNS (Batu Night Spectacular)[sunting | sunting sumber]

Batu Night Spectacular (BNS) adalah sebuah lokawisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. BNS hanya beroperasi pada malam hari. BNS menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga, dan hiburan di dalamnya.

Museum Angkut[sunting | sunting sumber]

Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektare di lereng Gunung Panderman dan memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Museum ini terbagi dalam beberapa zona yang didekorasi dengan setting landscape model bangunan dari benua Asia, Eropa hingga Amerika.

Museum Tubuh[sunting | sunting sumber]

The Bagong Adventure Museum Tubuh atau Museum Tubuh adalah satu-satunya museum tubuh di Indonesia, sekaligus menjadi museum tubuh terbesar dan terlengkap di Asia sebagai tempat wisata edukasi. Museum Tubuh berlokasi satu area dengan Jatim Park 1 di Kota Batu. Museum Tubuh merupakan tempat wisata edukasi yang menampilkan anatomi tubuh manusia di atas lahan seluas 1,4 hektare, museum berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter Bagong, yang terdiri dari 6 lantai. Terdapat 16 zona di museum ini, dimulai dari zona gigi, telinga, hidung, hingga zona tulang sendi, dengan fasilitas multimedia yang modern.[6][7]

Salah satu koleksi The Bagong Adventure Museum Tubuh adalah terdapat spesimen manusia asli yang diawetkan dengan teknik plastinasi yang dikembangkan oleh Prof. Gunther Von Hagen. Tubuh manusia plastinasi ini bisa ditemukan di ruang khusus, yaitu ruang eksibisi. Koleksi ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.[6]


Wisata Bahari Lamongan[sunting | sunting sumber]

Wisata Bahari Lamongan atau disingkat WBL adalah tempat wisata bahari yang terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibuka sejak 14 November 2004. Beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.


Pusat Rekreasi JTP Group di luar Jawa Timur[sunting | sunting sumber]

Hotel JTP Group[sunting | sunting sumber]

  • Pohon Inn Hotel
  • Pondok Jatimpark
  • Klub Bunga Butik Resort
  • Tanjung Kodok Beach Resort
  • Senyum World Hotel

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jawa Timur Park Group". www.jtp.id. Diakses tanggal 2021-08-27. 
  2. ^ "Jatim Park Lahir dari Keprihatinan Kurangnya Destinasi Wisata di Batu". Bisniswisata. Diakses tanggal 2021-08-27. 
  3. ^ a b nGalamediaLABS. "Jatim Park (Jawa Timur Park) 2". ngalam.id. Diakses tanggal 2021-08-27. 
  4. ^ nGalamediaLABS. "Eco Green Park (EGP)". ngalam.id. Diakses tanggal 2021-08-27. 
  5. ^ "Jawa Timur Park 1". jtp.id. Diakses tanggal 2021-08-27. 
  6. ^ a b "Mendikbud Resmikan Museum Tubuh di Kota Batu Malang". Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (dalam bahasa Inggris). 2016-12-27. Diakses tanggal 2021-08-27. 
  7. ^ "Museum Tubuh". jtp.id. Diakses tanggal 2021-08-27. 
  8. ^ Media, Kompas Cyber (2021-08-17). "Erick Thohir: BUMN - Jatim Park Group Sinergi Bangun Krakatau Park di Lampung". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-08-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs web resmi