Jaro Fürth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jaro Fürth (21 April 1871 – 12 November 1945) adalah seorang aktor film asal Austria.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Fürth terlahir dengan nama Edwin Fürth Jaro menjadi keluarga Yahudi di Praha.[1] Awalnya ia belajar hukum, tapi memulai karier aktingnya di bawah pengawasan Alexander Römpler sebelum mengambil keterlibatan panggung di Skandinavia, tampil dalam peran yang diciptakan oleh Henrik Ibsen. Pada tahun 1905 ia melakukan perjalanan ke Vienna, di mana ia menerima keterlibatan di Deutschen Volkstheater.

Karier film[sunting | sunting sumber]

Pada akhir 1910-an ia pergi ke Berlin dan mulai muncul dalam film bisu. Di bawah arahan F.W. Murnau, ia muncul dalam film seperti: The Head of Janus (1920) dan Satanas (1920), dan setelah itu diikuti dengan peran dalam film seperti Das Blut der Ahnen (The Blood of the Ancestors) (1920) and Der falsche Dimitry (The False Dmitry) (1922). Puncak kariernya adalah perannya dari Penasihat Rumfort Georg Wilhelm Pabst di drama tahun 1925 Joyless Street, Artis Denmark lawan mainnya Asta Nielsen dan artis Swedia Greta Garbo, bermain sebagai putrinya.

Fürth akan transisi ke era film suara dengan mudah, dan akan menjadi karakter aktor terkenal di seluruh tahun 1920-an dan 1930-an, muncul dalam film seperti drama Georg Wilhelm Pabst Diary of a Lost Girl bersama artis Amerika lawan mainnya Louise Brooks dan Karel Lamač Film tahun 1931 yang diadaptasi dari film Johann Strauss II Die Fledermaus, dengan lawan main artis asal Republik Ceko Anny Ondra.[2]

Penganiayaan Nazi dan kematian[sunting | sunting sumber]

Jaro Fürth meninggalkan Jerman setelah Sosialis Nasional Jerman merebut kekuasaan pada tahun 1933 dan ia pindah ke Vienna. Setelah tahun 1938 Anschluss, di mana Jerman menduduki dan mencaplok Austria, Fürth mengambil cuti dari aktingnya dan dideportasi oleh Nazi untuk Kamp konsentrasi Theresienstadt pada tahun 1942.[1] Dia hidup untuk melihat akhir dari perang, tetapi meninggal hanya beberapa bulan kemudian di Vienna pada usia 74.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Cyranos: Jaro Fürth
  2. ^ Heinzl Adolf Meier, Berndt Schulz: Lexicon der deutschen Film-und TV-Stars. Schwarzkopf & Schwarzkopf, 2000. ISBN 3-89602-229-6

Pranala luar[sunting | sunting sumber]