Janet Mikhail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Janet Mikhail (Arab: جانيت ميخائيل; kelahiran 1945) atau Janet Michael, yang terkadang dikenal sebagai Janet Khouri (جانيت خوري) adalah mantan wali kota Ramallah di Tepi Barat.

Ia adalah wanita pertama yang memegang jabatan tersebut. Ia merupakan kepala sekolah khusus perempuan di Ramallah selama 20 tahun, sekarang pensiun. Ia merupakan seorang Kristen Palestina (Katolik Roma).

Ia dipilih menjadi wali kota pada 29 Desember 2005 oleh dewan kota 15 anggota yang baru terpilih. Ia maju sebagai independen politik (meskipun beberapa sumber menyebut asosiasinya dengan gerakan Front Populer untuk Pembebasan Palestina), dan menjadi kepala daftar independen "Ramallah untuk Semua", yang memenangkan enam kursi dalam pemilihan lokal yang diadakan pada bulan Desember. Faksi "Tanah Air (Watan)" yang berasosiasi dengan Fatah, yang dikepalai oleh anggota Dewan Legislatif Palestina Ghazi Hanania, yang juga memenangkan enam kursi, sementara faksi yang berafiliasi dengan Hamas "Perubahan dan Reformasi" yang dikepalai oleh Khaldoun Khader memenangkan tiga kursi. Dewan baru tersebut menyuarakan 9-6 untuk memilih Mikhail sebagai wali kota, setelah tiga anggota dewan "Perubahan dan Reformasi" menyekutukan diri mereka sendiri dengan faksi "Ramallah untuk Semua".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]