Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina
Sekretaris JenderalAhmad Sa'adat
PendiriGeorge Habash
Dibentuk1967 (1967)
Sayap ParamiliterBrigade Abu Ali Mustapha
IdeologiNasionalisme Arab[1]
Nasionalisme Palestina
Pan-Arabisme
Sekularisme[2]
Marxisme–Leninisme[3]
Anti-imperialisme
Anti-Zionisme[4][5][6]
Sosialisme demokratis[7]
Komunisme
Posisi politikKiri Jauh
Afiliasi nasionalPalestine Liberation Organisation
Afiliasi internasionalInternational Communist Seminar
Dewan Legislatif
3 / 132
Situs web
www.pflp.ps
Dr. George Habash, pendiri PFLP

Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina (dalam bahasa Arab: Al-Jabhah al-Sha'biyyah li-Tahrir Filasthin, dalam bahasa Inggris nama resminya adalah Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP). Partai ini berhaluan komunis, didirikan oleh seorang Arab Palestina beragama Kristen, Dr. George Habash pada 1967. Partai ini pun menjadi faksi terbesar kedua dalam Palestine Liberation Organization atau Organisasi Pembebasan Palestina (PLO, didirikan pada tahun 1964), yang terbesar adalah Fatah (didirikan pada tahun 1959).[8][9]

Ahmad Sa'adat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PFLP sejak tahun 2001. Pada bulan Desember 2006 ia dijatuhi hukuman 30 tahun penjara Israel. PFLP saat ini menganggap pemerintahan pimpinan Fatah di Tepi Barat dan pemerintahan Hamas di Jalur Gaza ilegal karena pemilihan Otoritas Nasional Palestina belum diadakan sejak tahun 2006. Pada tahun 2015, PFLP memboikot partisipasi dalam Komite Eksekutif PLO dan Dewan Nasional Palestina.

PFLP secara umum mengambil tindakan keras terhadap aspirasi nasional Palestina dan menentang sikap Fatah yang lebih moderat. Mereka tidak mengakui Negara Israel, menentang negosiasi dengan pemerintah Israel, dan mendukung solusi satu negara terhadap konflik Israel-Palestina. Sayap militer PFLP disebut Brigade Abu Ali Mustapha. PFLP terkenal sebagai pionir pembajakan pesawat bersenjata pada akhir tahun 1960an dan awal tahun 1970an. Menurut anggota Politbiro PFLP dan mantan pembajak pesawat Leila Khaled, PFLP tidak melihat bom bunuh diri sebagai bentuk perlawanan terhadap pendudukan atau sebagai tindakan atau kebijakan strategis dan tidak lagi melakukan serangan semacam itu. PFLP telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, dan Uni Eropa.

Sejak awal berdirinya, PFLP mencari patron negara-negara adidaya, sejak awal mengembangkan hubungan dengan Uni Soviet, Republik Rakyat Tiongkok, dan, pada masa-masa tertentu, dengan kekuatan-kekuatan regional seperti Suriah, Yaman Selatan, Libya, Korea Utara, dan Irak, serta seperti halnya kelompok sayap kiri di seluruh dunia, termasuk FARC dan Tentara Merah Jepang. Ketika dukungan tersebut berkurang atau berhenti, pada akhir tahun 1980-an dan 1990-an, PFLP mencari sekutu baru dan mengembangkan kontak dengan kelompok-kelompok Islam yang terkait dengan Iran, meskipun PFLP sangat berpegang pada sekularisme dan anti-klerikalisme. Hubungan antara PFLP dan Republik Islam Iran berfluktuasi – hubungan ini menguat karena Hamas menjauh dari Iran karena perbedaan posisi dalam Perang Saudara Suriah. Iran memberi penghargaan kepada PFLP atas sikap pro-Assad dengan peningkatan bantuan keuangan dan militer. PFLP dituduh oleh Israel mengalihkan bantuan kemanusiaan Eropa dari LSM Palestina ke negaranya sendiri.

Sejarah dan sepak terjang[sunting | sunting sumber]

Gerakan Nasionalis Arab[sunting | sunting sumber]

PFLP tumbuh dari Harakat al-Qawmiyyin al-Arab, atau Gerakan Nasionalis Arab (ANM), yang didirikan pada tahun 1953 oleh George Habash, seorang Kristen Palestina, dari Lydda. Pada tahun 1948, Habash yang berusia 19 tahun, seorang mahasiswa kedokteran, pergi ke kampung halamannya di Lydda selama Perang Arab-Israel tahun 1948 untuk membantu keluarganya. Saat dia berada di sana, Pasukan Pertahanan Israel menyerang kota tersebut dan akibatnya, sebagian besar penduduk sipil terpaksa meninggalkan kota tersebut dalam apa yang dikenal sebagai Lydda Death March yang menyebabkan kematian saudara perempuannya. Mereka berbaris selama tiga hari tanpa makanan atau air sampai mereka mencapai garis depan tentara Arab. Habash menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Lebanon di American University di Beirut, lulus pada tahun 1951.

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis AS John K. Cooley, Habash mengidentifikasi kekalahan Arab oleh Zionis sebagai "masyarakat ilmiah Israel yang melawan keterbelakangan kita sendiri di dunia Arab. Hal ini menyerukan pembangunan kembali masyarakat Arab secara total menuju abad ke-20." masyarakat."

ANM didirikan dengan semangat nasionalis. "[Kami] menganut 'pandangan Guevara' tentang 'manusia revolusioner'", kata Habash kepada Cooley. “Generasi manusia baru harus muncul, baik di kalangan masyarakat Arab maupun di tempat lain. Hal ini berarti mengerahkan segala daya manusia untuk mewujudkan suatu tujuan.”

ANM membentuk cabang bawah tanah di beberapa negara Arab, termasuk Libya, Arab Saudi dan Kuwait, yang saat itu masih berada di bawah kekuasaan Inggris. Ia mengadopsi ide-ide sekularisme dan ekonomi sosialis, dan mendorong perjuangan bersenjata. Bekerja sama dengan Tentara Pembebasan Palestina, ANM membentuk Abtal al-Audah (Pahlawan Kembali) sebagai kelompok komando pada tahun 1966.

Pembentukan PFLP[sunting | sunting sumber]

Setelah Perang Enam Hari pada bulan Juni 1967, ANM bergabung pada bulan Agustus dengan dua kelompok lainnya, Youth for Revenge dan Front Pembebasan Palestina pimpinan Ahmed Jibril yang didukung Suriah, untuk membentuk PFLP, dengan Habash sebagai pemimpinnya.

Pada awal tahun 1968, PFLP telah melatih antara satu hingga tiga ribu gerilyawan. Mereka mendapat dukungan finansial dari Suriah, dan bermarkas di sana, dan salah satu kamp pelatihannya berbasis di as-Salt, Yordania. Pada tahun 1969, PFLP mendeklarasikan dirinya sebagai organisasi Marxis-Leninis, namun tetap setia pada Pan Arabisme, memandang perjuangan Palestina sebagai bagian dari pemberontakan yang lebih luas melawan imperialisme Barat, yang juga bertujuan untuk menyatukan dunia Arab dengan menggulingkan rezim-rezim "reaksioner". . Ia menerbitkan surat kabar, al-Hadaf (Target, atau Tujuan), yang dieditori oleh Ghassan Kanafani.

Operasi[sunting | sunting sumber]

PFLP menjadi terkenal pada akhir tahun 1960an dan awal tahun 1970an karena serangkaian serangan bersenjata dan pembajakan pesawat, termasuk terhadap sasaran non-Israel. Brigade Abu Ali Mustapha mereka juga mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan bunuh diri selama Intifada Al-Aqsa.

Organisasi yang memisahkan diri[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1967, Front Perjuangan Rakyat Palestina (PPSF) memisahkan diri dari PFLP.

Pada tahun 1968, Ahmed Jibril memisahkan diri dari PFLP untuk membentuk Front Populer untuk Pembebasan Palestina – Komando Umum (PFLP-GC) yang didukung Suriah.

Pada tahun 1969, Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina (DFLP) dibentuk sebagai organisasi terpisah yang seolah-olah Maois, di bawah Nayef Hawatmeh dan Yasser Abd Rabbo, awalnya sebagai PDFLP.

Pada tahun 1972, Front Revolusioner Populer untuk Pembebasan Palestina dibentuk setelah perpecahan di PFLP.

PFLP memiliki hubungan yang bermasalah dengan mantan wakil George Habash, Wadie Haddad, yang akhirnya diusir karena menolak perintah untuk menghentikan operasi penyerangan dan penculikan di luar negeri. Haddad telah diidentifikasi dalam dokumen arsip Soviet yang dirilis sebagai agen intelijen KGB, yang pada tahun 1975 menerima senjata untuk gerakan tersebut langsung dari sumber-sumber Soviet dalam transfer malam hari di Laut Aden.

Keanggotaan PLO[sunting | sunting sumber]

PFLP bergabung dengan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), organisasi payung gerakan nasional Palestina, pada tahun 1968, menjadi faksi terbesar kedua setelah Fatah pimpinan Yassir Arafat. Pada tahun 1974, mereka menarik diri dari Komite Eksekutif PLO (tetapi tidak dari PLO) untuk bergabung dengan Front Penolakan setelah pembentukan Program Sepuluh Poin PLO, dan menuduh PLO mengabaikan tujuan menghancurkan Israel dan memilih solusi binasional. yang ditentang oleh pimpinan PFLP. Ia bergabung kembali dengan komite eksekutif pada tahun 1981.

Pada bulan Desember 1993 PFLP menarik diri dari PLO dan menjadi salah satu dari sepuluh anggota pendiri Aliansi Pasukan Palestina yang berbasis di Damaskus, delapan di antaranya pernah menjadi anggota PLO, yang menentang proses Perjanjian Oslo. PFLP menarik diri dari APF pada tahun 1998. Saat ini, PFLP memboikot partisipasi dalam Komite Eksekutif PLO dan Dewan Nasional Palestina.

Pada bulan Desember 2009, sekitar 70.000 pendukung berdemonstrasi di Gaza untuk merayakan ulang tahun PFLP ke-42.

Setelah Perjanjian Oslo[sunting | sunting sumber]

Setelah terjadinya Intifada Pertama dan Perjanjian Oslo berikutnya, PFLP mengalami kesulitan untuk membangun dirinya di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Pada saat itu (1993–96) popularitas Hamas meningkat pesat setelah keberhasilan strategi bom bunuh diri mereka yang dirancang oleh Yahya Ayyash ("sang Insinyur"). Pembubaran Uni Soviet bersamaan dengan kebangkitan Islamisme—dan khususnya meningkatnya popularitas kelompok Islam Hamas dan Jihad Islam Palestina—membingungkan banyak aktivis kiri yang selama ini memandang ke arah Uni Soviet, dan telah meminggirkan peran PFLP dalam politik dan politik Palestina. perlawanan bersenjata. Namun, organisasi ini tetap mempunyai pengaruh politik yang cukup besar di dalam PLO, karena tidak ada pemilihan umum baru yang diadakan untuk badan legislatif organisasi tersebut, PNC.

Saat ini PFLP mengembangkan kontak dengan kelompok-kelompok fundamentalis Islam yang terkait dengan Iran – baik Hamas Palestina, maupun Hizbullah yang berbasis di Lebanon – sebuah jalan memutar dari orientasi Marxis mereka. Perjanjian PLO dengan Israel pada bulan September 1993, dan negosiasi-negosiasi berikutnya, semakin mengisolasi PLO dari organisasi payung dan menyebabkan mereka membentuk aliansi formal dengan kelompok-kelompok yang didukung Iran.

Sebagai akibat dari kelemahannya pasca-Oslo, PFLP terpaksa beradaptasi secara perlahan dan mencari mitra di antara orang-orang Palestina yang aktif secara politik, terutama kaum muda, di Tepi Barat dan Gaza, untuk mengimbangi ketergantungan mereka pada komandan mereka yang sudah lanjut usia yang kembali dari atau ke Gaza. tersisa di pengasingan. Oleh karena itu, PFLP telah membentuk aliansi dengan kelompok kiri lainnya yang dibentuk di dalam Otoritas Palestina, termasuk Partai Rakyat Palestina dan Komite Perlawanan Rakyat di Gaza.

Pada tahun 1990, PFLP mengubah cabangnya di Yordania menjadi partai politik terpisah, Partai Persatuan Demokratik Populer Yordania.

Pemilu di Otoritas Palestina[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian Yasser Arafat pada bulan November 2004, PFLP mengadakan diskusi dengan DFLP dan Partai Rakyat Palestina yang bertujuan untuk mencalonkan kandidat sayap kiri bersama untuk pemilihan presiden Palestina yang akan diadakan pada tanggal 9 Januari 2005. Diskusi ini tidak berhasil, sehingga PFLP memutuskan untuk mendukung kandidat independen Inisiatif Nasional Palestina Mustafa Barghouti, yang memperoleh 19,48% suara.

Dalam pemilihan kota bulan Desember 2005, hal ini lebih berhasil, misalnya. di al-Bireh dan Ramallah, dan memenangkan jabatan walikota Bir Zeit. Ada laporan yang bertentangan tentang kesetiaan politik Janet Mikhail dan Victor Batarseh, walikota Ramallah dan Bethlehem; mereka mungkin dekat dengan PFLP tanpa menjadi anggota.

PFLP memiliki kekuatan politik yang kuat di wilayah Ramallah, distrik-distrik timur dan pinggiran kota Yerusalem dan Bethlehem, distrik Refidyeh yang mayoritas penduduknya beragama Kristen di Nablus, namun kekuatannya jauh lebih kecil di wilayah Tepi Barat lainnya, dan mempunyai ancaman yang kecil atau tidak sama sekali terhadap Tepi Barat. mendirikan gerakan Hamas dan Fatah di Gaza.

PFLP berpartisipasi dalam pemilihan legislatif Palestina tahun 2006 sebagai "Daftar Martir Abu Ali Mustafa". Ia memenangkan 4,2% suara populer, memenangkan tiga dari 132 kursi di Dewan Legislatif Palestina. Wakilnya adalah Ahmad Sa'adat, Jamil Majdalawi, dan Khalida Jarrar. Dalam daftar tersebut, suara terbaiknya adalah 9,4% di Bethlehem, diikuti oleh 6,6% di Ramallah dan al-Bireh, dan 6,5% di Gaza Utara. Sa'adat dijatuhi hukuman 30 tahun penjara Israel pada bulan Desember 2006.

Penerus George Habash[sunting | sunting sumber]

Pada Konferensi Nasional Keenam PFLP tahun 2000, Habash mengundurkan diri sebagai Sekretaris Jenderal. Abu Ali Mustafa terpilih untuk menggantikannya, tetapi dibunuh pada 27 Agustus 2001 ketika sebuah helikopter Israel menembakkan roket ke kantornya di kota Ramallah, Tepi Barat.

Setelah kematian Mustafa, Komite Sentral PFLP pada tanggal 3 Oktober 2001 memilih Ahmad Sa'adat sebagai Sekretaris Jenderal. Dia telah memegang posisi tersebut, meskipun sejak tahun 2002 dia telah dipenjara di penjara Palestina dan Israel.

Sikap terhadap proses perdamaian[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya organisasi komunis di seluruh dunia, PFLP juga memiliki jaringan dengan negara komunis, terutama Uni Soviet dan Republik Rakyat Tiongkok. Namun, PFLP juga membangun jaringan dengan organisasi sayap kiri lainnya di seluruh dunia, seperti Tentara Merah Jepang dan Baader-Meinhof di Jerman.[10][11]

PFLP didirikan oleh Dr. George Habash pada 1967. PFLP kemudian menjadi salah satu faksi terbesar kedua yang bergabung dalam Palestine Liberation Organization (PLO), setelah Fatah. Pada 1969, PFLP menyatakan diri sebagai organisasi yang berhaluan kiri jauh, tetapi tetap mengadopsi nilai-nilai dan ideologi Nasionalisme Arab dan juga Nasionalisme Palestina sebagai tujuan organisasi, yaitu untuk melawan penjajahan atau anti-imperialisme), dan juga Anti-Zionisme.[12]

PFLP memiliki sebuah sayap paramiliter yang bernama Brigade Abu Ali Mustapha. Pada September 1970, sayap paramiliter PFLP, Brigade Abu Ali Mustapha, mendalangi aksi pembajakan pesawat, bukan hanya satu pesawat, tetapi empat pesawat mereka bajak di saat yang bersamaan, tiga pesawat kemudian dipaksa mendarat darurat di Zarka, Yordania, di sebuah bekas pangkalan Angkatan Udara Britania Raya, bandara ini kemudian dideklarasikan oleh mereka sebagai "Bandara Revolusi".[11][12]

Namun diantara peristiwa pembajakan pesawat yang pernah dilakukan PFLP, tentu yang paling terkenal adalah Peristiwa Entebbe, di Uganda pada 1976. Saat itu sayap paramiliter PFLP membajak sebuah pesawat Air France. Namun, pembajakan ini berhasil digagalkan oleh militer Israel, dan menyelamatkan sekitar 100 orang sandera.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Profile: Popular Front for the Liberation of Palestine Diarsipkan 2016-08-13 di Wayback Machine. BBC News, 18 November 2014
  2. ^ "Jerusalem Synagogue Attack: Motivation Was Not Religion But Revenge For 1948 Massacre, Says PFLP". International Business Times. 19 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-21. Diakses tanggal 2017-11-14. 
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-08. Diakses tanggal 2017-11-14. 
  4. ^ "Popular Front for the Liberation of Palestine (1) Diarsipkan 2011-10-17 di Wayback Machine.." Terrorist Group Symbols Database. Anti-Defamation League.
  5. ^ "Platform of the Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP) Diarsipkan 2015-12-22 di Wayback Machine." (1969). From Walter Laqueur and Barry Rubin, eds., The Israel-Arab Reader (New York: Penguin Books, 2001).
  6. ^ "Background Information on Foreign Terrorist Organizations Diarsipkan 15 August 2011 di Wayback Machine.." Office of the Coordinator for Counterterrorism, United States Department of State
  7. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-07. Diakses tanggal 2017-11-14. 
  8. ^ Bawono Kumoro, Hamas: Ikon Perlawanan Islam Terhadap Zionisme Israel, (Bandung: MIZAN, 2009) hal. 67
  9. ^ "Popular Front for the Liberation of Palestine". Popular Front for the Liberation of Palestine (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-14. Diakses tanggal 2017-11-14. 
  10. ^ a b "Profile: Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP)". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2014-11-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-13. Diakses tanggal 2017-11-14. 
  11. ^ a b "PFLP, Gerakan Perlawanan Palestina dari Faksi Komunis – Muslimedia News – Media Islam | Voice of Muslim". www.muslimedianews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-14. Diakses tanggal 2017-11-14. 
  12. ^ a b "Kisah Partai-Partai Komunis Palestina Melawan Israel". tirto.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-05. Diakses tanggal 2017-11-14.