Janda Ratu Zhao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Janda Ratu Zhao
Lahirskt. 280
Wafat228 (usia 52-51)
PasanganRaja Zhuangxiang dari Qin
AnakQín Shǐ Huáng

Zhao Ji (Hanzi: ; harfiah: 'Consort Zhao'; skt. 280–228 SM) merupakan istri Raja Zhuangxiang dari Qin dan ibunda Qín Shǐ Huáng, Kaisar Tiongkok pertama.[1] Setelah menikah, ia menjadi Nyonya Zhao; setelah kematian raja, ia menjadi Janda Ratu Zhao.

Putri keluarga terkemuka Zhao, ia adalah selir saudagar Lu Buwei, yang menyerahkannya kepada pelindungnya, Pangeran Yiren dari Qin. Setahun kemudian, ia melahirkan seorang putra bernama Zheng; sejarahwan Sima Qian, yang tidak berperikemanusiaan terhadap kaisar pertama, menyatakan bahwa kehamilan itu sangat panjang dan bahwa anak itu sebenarnya adalah benih Lü. Pasangan tersebut pada saat itu tinggal di Handan, ibu kota Zhao, dimana Yiren menjadi sandera; ketika Qin mengepung kota itu, Lü dapat menyuap pangeran ke luar kota namun Nyonya Zhao dan putranya yang bocah terpaksa bersembunyi di antara keluarganya. Berkat campur tangan Lü dan diplomasi, Pangeran Yiren kemudian naik takhta Qin, mulai dikenal sejarah dengan Nama anumerta Raja Zhuangxiang.

Ketika Raja Zhuangxiang meninggal pada tahun 247 SM, Putra Mahkota Zheng naik takhta dan Nyonya Zhao menjadi Janda Ratu. Sima Qian menyatakan ia melanjutkan perselingkuhannya dengan Lü Buwei namun menghadapi paparan dan penganiayaan, ia memberinya seorang pria yang bernama Lao Ai yang menyamar sebagai Orang kasim. Pasangan itu memiliki dua anak haram.[2] Setelah Lao Ai terbunuh di dalam sebuah Kudeta, ratu dipenjara di istananya dan anak-anak terbunuh. Raja Zheng kemudian memeprsatukan Tiongkok dan menjadi dikenal sebagai Qín Shǐ Huáng, "Kaisar Pertama".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Lily & al. Biographical Dictionary of Chinese Women: Antiquity Through Sui, 1600 B.C.E.-618 C.E., p. 251. M.E. Sharpe, 2007. ISBN 0765617501
  2. ^ Mah, Adeline Yen. (2003). A Thousand Pieces of Gold: Growing Up Through China's Proverbs. Published by HarperCollins. ISBN 0-06-000641-2, ISBN 978-0-06-000641-9. p 32-34.