Jamur daging sapi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jamur daging sapi
Beefsteak fungus
Carlo Vittadini: Fistulina hepatica (1835)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
F. hepatica
Nama binomial
Fistulina hepatica
(Schaeff.) With. (1792)
Sinonim

Boletus hepaticus Schaeff. (1774)
Fistulina buglossoides Bull. (1790)
Boletus hepaticus Vent. (1812)
Hypodrys hepaticus (Schaeff.) Pers. (1825)

Fistulina hepatica
View the Mycomorphbox template that generates the following list
float
Karakteristik mikologi
Himenium berbentuk pori
Tudung datar atau tudung serong
Himenium melanjut
Tangkai gundul
Jejak spora berwarna merah muda
Jenis ekologi parasit
Edibilitas: pilihan

Fistulina hepatica, jamur bistik, juga dikenal sebagai polipore bistik, jamur daging sapi, atau jamur lidah sapi adalah jamur braket yang tidak biasa yang diklasifikasikan dalam Agaricales, yang umum ditemukan di Inggris dan seluruh Eropa, tetapi dapat ditemukan di Amerika Utara, Australia, Afrika Utara, dan Afrika Selatan. Seperti namanya, tampilannya sangat mirip dengan sepotong daging mentah. Ini telah digunakan sebagai pengganti daging di masa lalu, dan masih dapat ditemukan di beberapa pasar Perancis. Rasanya asam, sedikit asam. Untuk dimakan harus dikumpulkan dalam keadaan muda dan mungkin keras serta perlu dimasak lama.

Rincian[sunting | sunting sumber]

Tutupnya memiliki lebar 7–30 cm dan tebal 2–6 cm. [1] Bentuknya menyerupai lidah yang besar, permukaannya kasar dan berwarna coklat kemerahan. Sporanya berwarna merah muda [1] dan terlepas dari pori-pori kecil di bagian bawah tubuh buah yang berwarna putih krem. Fistulina hepatica yang lebih muda berwarna merah muda, dan semakin gelap seiring bertambahnya usia. Dagingnya mengeluarkan cairan berwarna merah kusam saat dipotong, yang dapat menimbulkan noda, [1] dan daging yang dipotong semakin menyerupai daging. Rasanya asam, [1] dapat dimakan dan dianggap sebagai pilihan oleh beberapa orang, [2] meskipun spesimen yang lebih tua harus direndam semalaman, karena sarinya dapat menyebabkan gangguan lambung. [3]

Bagian bawah tubuh buah, tempat keluarnya spora, merupakan kumpulan tubulus . Nama genusnya merupakan kependekan dari kata Latin fistula dan berarti "tabung kecil", sedangkan nama spesies hepatica berarti "seperti hati", mengacu pada konsistensi daging.

Spesies ini cukup umum, dan sering ditemukan pada pohon ek dan kastanye manis, dari bulan Agustus hingga akhir musim gugur, pada kayu hidup atau mati. Ia mempunyai kecenderungan untuk memberikan noda coklat kemerahan pada kayu ek yang masih hidup, sehingga menciptakan jenis kayu yang diinginkan. Di Australia, dapat ditemukan tumbuh pada luka di pohon Eucalyptus . Penyakit ini menyebabkan pembusukan berwarna coklat pada pohon yang diinfeksinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Davis, R. Michael; Sommer, Robert; Menge, John A. (2012). Field Guide to Mushrooms of Western North America. Berkeley: University of California Press. hlm. 335–336. ISBN 978-0-520-95360-4. OCLC 797915861. 
  2. ^ Phillips, Roger (2010). Mushrooms and Other Fungi of North America. Buffalo, NY: Firefly Books. hlm. 304. ISBN 978-1-55407-651-2. 
  3. ^ Miller Jr., Orson K.; Miller, Hope H. (2006). North American Mushrooms: A Field Guide to Edible and Inedible Fungi. Guilford, CN: FalconGuides. hlm. 426. ISBN 978-0-7627-3109-1.