James O. Ellis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Laksamana James Oren Ellis Jr.[1] (lahir 20 Juli 1947) adalah pensiunan laksamana bintang 4 dan mantan Komandan, Komando Strategis Amerika Serikat, Pangkalan Angkatan Udara Offutt, Nebraska. Beliau menjabat sebagai Presiden dan Chief Executive Officer, Institute of Nuclear Power Operations hingga Mei 2012 dan menjabat sebagai dewan direksi Lockheed Martin.

James O. Ellis
James O. Ellis Tahun 1999
Lahir20 Juli 1947 (umur 76)
Spartanburg, Amerika Serikat
Pengabdian Amerika Serikat
Dinas/cabangAngkatan Laut Amerika Serikat
Lama dinas1969–2004
PangkatLaksamana
Perang/pertempuranPerang Vietnam
Perang Teluk
Operasi Allied Force

Sejak pensiun dari militer, Ellis telah menjadi Anggota Tamu Terhormat Annenberg di Hoover Institution di Universitas Stanford.[2]

Pada tahun 2013, Ellis terpilih sebagai anggota National Academy of Engineering atas kepemimpinannya dalam memajukan pengoperasian pembangkit listrik tenaga nuklir yang aman di seluruh dunia.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Ellis, lahir di Spartanburg, Carolina Selatan, adalah lulusan Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat tahun 1969. Dia ditunjuk sebagai Penerbang Angkatan Laut pada tahun 1971 dan memegang berbagai tugas laut dan pantai dari tahun 1972.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ellis memegang gelar Master of Science di bidang Aerospace Engineering dari Georgia Institute of Technology dan Aeronautical Systems dari University of West Florida. Ia juga merupakan lulusan Sekolah Pilot Uji Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1975. Ia menyelesaikan pelatihan tenaga nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1987 dan merupakan lulusan Program Perwira Senior dalam Strategi Keamanan Nasional di Universitas Harvard.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Navy, United States; Personnel, United States Bureau of Naval (1984). Register of Commissioned and Warrant Officers of the United States Navy and Reserve Officers on Active Duty (dalam bahasa Inggris). Bureau of Naval Personnel. 
  2. ^ "Admiral James O. Ellis Jr". Hoover Institution (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-21.