James M. Redfield

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

James M. Redfield (lahir tahun 1935) adalah Profesor Layanan Klasik Edward Olson di Universitas Chicago. Dia telah memberikan banyak kontribusi pada keilmuan terkini tentang Homer dan Herodotus, mungkin yang paling terkenal adalah bukunya, Nature and Culture in the Iliad: The Tragedy of Hector (University of Chicago Press, 1975), sebuah bacaan antropologis dari Iliad dengan tujuan yang dinyatakan untuk menganalisis peran Hector dalam karya tersebut.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ayah Redfield, Robert Redfield, juga seorang profesor Universitas Chicago, mengajar antropologi dan etnolinguistik, dan menjabat sebagai Dekan Divisi Ilmu Sosial dari tahun 1934 hingga 1946.

James Redfield adalah anggota Departemen Bahasa dan Sastra Klasik dan Komite Pemikiran Sosial di Chicago. Ia mengambil gelar sarjananya dari Universitas Chicago pada tahun 1954, belajar di New College, Oxford dari tahun 1956 hingga 1958, dan kembali ke Chicago untuk mendapatkan gelar Ph.D. pada tahun 1961. Ia diangkat sebagai profesor di The College di Universitas Chicago pada tahun 1976. Dia pensiun pada tahun 2016.

Redfield mendapat penghargaan karena telah dianugerahi Penghargaan Quantrell Universitas untuk Keunggulan dalam Pengajaran Sarjana dua kali, sekali pada tahun 1965 dan sekali lagi pada tahun 1987.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

  • Nature and Culture in the Iliad: The Tragedy of Hector (University of Chicago Press, 1975)
  • The Locrian Maidens: Love and Death in Greek Italy (University of Chicago Press, 2004)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]