Jalur Merah (Dubai Metro)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
     Jalur Merah
Informasi
Jenis Angkutan cepat
Sistem Dubai Metro
Status Sedang dibangun
Lokasi Dubai, Uni Emirat Arab
Stasiun terminus Rashidiya
Zona Bebas Jebel Ali
Jumlah stasiun 29
Rute -
Penumpang -
Operasi
Dibuka 9 September 2009 (est.)
Ditutup -
Pemilik Dubai Roads and Transport Authority
Operator Serco
Karakter -
Rangkaian -
Data teknis
Panjang jalur 52.1 kilometers (32 mi)
Panjang rel -
Jumlah rel -
Lebar sepur -
Listrik Rel ketiga
Kecepatan operasi 110 km/h (68 mph)
Titik tertinggi -
Peta jalur

Jalur Merah adalah satu dari dua jalur pada jaringan Dubai Metro di Dubai, Uni Emirat Arab. Sedang dibangun dan akan memiliki 29 stasiun di jalur sepanjang 52.1 km (32.4 mi). Jalur Merah akan membentang dari Al Rashidiya ke Jebel Ali dan sebagian ari jalur itu akan dibuat di sepanjang Sheikh Zayed Road.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Jalur Merah akan memiliki 29 stasiun, termasuk 24 jembatan, empat stasiun bawah tanah, dan satu rata dengan tanah. Jalur ini akan sepanjang 52.1 km (32.4 mi), dengan 4.7 km (2.9 mi) di bawah tanah. Keseluruhan perjalanan di Jalur Merah akan memakan 60 menit, pada kecepatan 110 kilometer per jam (0.019 mi), dengan waktu perhentian 20-30 detik di setiap stasiun. Waktu rata-rata antara stasiun di Jalur Merah adalah 60-90 detik. Jalur Merah akan dilayani oleh 62 kereta tanpa masinis.

Stasiun khusus[sunting | sunting sumber]

Akan terdapat dua stasiun pindah, Union Square dan BurJuman Centre, dimana Jalur Hijau dan Merah akan bersimpangan, membolehkan penumpang berganti jalur. Jalur merah akan memiliki depot utama di Al Rashidiya dan satu di Zona Bebas Jebel Ali.[1]

Perpanjangan[sunting | sunting sumber]

Perpanjangan Jalur Merah sedang dirancang. Akan membentang dari Zona Bebas Jebel Ali ke perbatasan Dubai-Abu Dhabi, sebuah jalur tambahan sepanjang 12 km (7.5 mi). Dubai Roads and Transport Authority sedang meninjau kembali rencana pemanjangan Jalur Merah dari Jebel Ali ke Bandar Udara Internasional Dubai World Central, yang sedang dibangun dan dijadwalkan dibuka dengan kapasitas terbatas tahun 2009.

Rute[sunting | sunting sumber]

Di bawah adalah daftar stasiun yang telah dibangun, sedang dibangun, atau telah disetujui untuk dibangun, dengan catatan tambahan.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]