Jalan bernada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalan Musik Tijeras, New Mexico
Alur memotong pada jalan untuk membiarkan mobil yang lewat bergetar dan menghasilkan melodi

Jalan bernada adalah jalan, atau bagian dari jalan, yang ketika terdapat kendaraan yang sedang lewat akan menyebabkan getaran taktil dan gemuruh terdengar yang dapat dirasakan melalui roda di dalam kendaraan. Gemuruh ini terdengar di dalam kendaraan seperti mobil serta daerah sekitarnya dalam bentuk melodi.[1]

Jalan bernada terdapat di beberapa negara, yaitu Denmark, Hungaria, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Cina, Iran,[2] San Marino, Taiwan,[3] Belanda, dan Indonesia.

Pada tanggal 20 Desember 2019, jalan bernada pertama di Indonesia dibangun oleh anak perusahaan PT Jasa Marga bernama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) di ruas jalan tol Ngawi–Kertosono, tepatnya di km 644+200 B arah Solo. Wujudnya ialah markah jalan berupa rumble strip. Nada yang dimainkan adalah enam not pertama dalam lagu "Happy Birthday To You", tetapi suara pada not kelima terdengar sumbang setengah langkah dari not aslinya. Jalan bernada ini dipasang untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan hanya akan berbunyi apabila ada kendaraan melintas di titik tersebut dengan kecepatan 80 hingga 100 km/jam. Lagu tersebut dipilih karena akrab didengar banyak orang.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pita penggaduh

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnson, Bobbie (13 November 2007). "Japan's melody roads play music as you drive". The Guardian. Diakses tanggal 8 May 2012. 
  2. ^ "First musical road built in Iran". 
  3. ^ "Taiwan's 'musical road' unveiled". The Taipei Times. 
  4. ^ "Singing Road Dipasang di Tol Ngawi Kertosono Kediri". Republika.co.id. 20 December 2019. Diakses tanggal 30 January 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]