Jakarta Sebelum Pagi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jakarta Sebelum Pagi
PengarangZiggy Z
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Inggris
Genre
Penerbit
Tanggal terbit
Februari 2016
Halaman280 halaman
ISBNISBN 978-602-375-484-7

Jakarta Sebelum Pagi adalah sebuah novel karya Ziggy zezsyazeoviennazabrizkie pemenang sayembara Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 2014. Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2016 dan dicetak ulang tahun 2022. Buku ini menceritakan Emina seorang gadis yang terobsesi dengan babi, mendapati surat beserta bunga dari anonim yang dengan langsung ia cap sebagai penguntit. Dari situ ia mengenal seorang kakek tua yang menyimpan rahasia besar, gadis sekolah dasar yang bertingkah layaknya orang dewasa, dan pemuda korban perang yang mengalami sentuhan phobia.[1]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dikisahkan Emina, seorang gadis metropolitan unik juga absurd. Orangtuanya meninggal dunia, yang tersisa dari keluarganya adalah kakek dan neneknya serta adik dari kakeknya yang tinggal di sebuah rumah, Emina memberi julukan "Rumah Para Jompo". Tetangga mereka, juga seorang lelaki tua keturunan Belanda yang dipanggil oleh Emina dengan sebutan Pak Meneer.

Lalu tiba-tiba ada orang misterius yang mengiriminya surat misterius dengan caranya yang unik. Hal tersebut malah menumbuhkan rasa penasarannya akan penguntit tersebut. Maka dimulailah skenario investigasi yang membawa Emina berkenalan dengan seorang gadis sekolah dasar yang unik bernama Suki. Suki adalah pemilik toko bunga yang berada tidak jauh dari apartemennya berada. Gadis keturunan Arab-Jepang itu memiliki hobi tak kalah unik yang berkaitan dengan teh. Anak kecil itu terobsesi dengan teh dan upacara minum teh khas Jepang.

Dari Suki, ia kemudian berkenalan dengan Abel, seorang pemuda korban perang Aljazair yang mengidap trauma terhadap suara level kronik. Hubungan yang aneh terjalin antara Emina dengan Abel. Mereka memutuskan untuk menyelidiki surat-surat misterius yang sampai ke tangan Emina dengan menjelajahi lokasi-lokasi kota Jakarta masa kini, yang terhubung dengan setting Jakarta masa lalu yang tertulis di surat-surat misterius itu.

Mengingat temannya tidak bisa diajak memecahkan misteri ke tempat-tempat itu pada siang hari, maka mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan dini hari dan mengunjungi tempat-tempat itu, berharap dapat memecahkan isi surat dan mengetahui siapa yang dimaksud oleh si penerima maupun pengirim aslinya.

Tokoh cerita[sunting | sunting sumber]

  • Emina: dalam bahasa arab nama disebut Aminah. Seorang gadis kantoran yang menerima surat misterius dari pengirim anonim.
  • Suki: Gadis 12 tahun keturunan Arab-Jepang yang mengelola cafe sendiri, dan sangat tertarik dengan tradisi minum teh.
  • Pak Meneer: Lelaki lansia berdarah Belanda menghabiskan waktu tuanya dengan perpustakaan ciptaannya. Ia memiliki kekasih yang mengalami penyakit hermaphrodite.
  • Abel: Cucu angkat dari keluarga Suki, mengalami trauma masa kecil akibat kehilangan kedua orang tuanya karena Perang Kemerdekaan Aljazair. Sehingga tumbuh menjadi pemuda phobia suara dan sentuhan.
  • Nissa: Teman kantoran Emina yang menyarankannya agar tak berurusan dengan penguntit.
  • Keiko: Kakak dari suki yang mempunyai toko bunga.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Satrio, Dimas. "Narasi.tv | Buku Terbaik Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie". Narasi.tv. Diakses tanggal 2020-04-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]