Jacques-Antoine Manuel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jacques-Antoine Manuel
Makam Jacques-Antoine Manuel, bersama sahabatnya Pierre-Jean de Béranger di Paris.

Jacques-Antoine Manuel (10 Desember 177520 Agustus 1827) adalah seorang pengacara, politikus, dan pembicara terkenal Prancis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Manuel lahir di dusun La Conchette, Enchastrayes (Alpes-de-Haute-Provence), dekat Barcelonette. Keluarganya termasuk hakim dan pengacara yang telah membangun karier di Lembah Ubaye. Pada usia tujuh belas tahun, ia bergabung dengan tentara, segera menjadi seorang perwira. Dia bertempur dalam kampanye Italia di bawah Napoleon Bonaparte, terutama dalam Pertempuran Arcole di mana dia terluka mengakhiri karier militernya.

Manuel kembali ke kehidupan sipil pada 1797 dan mempraktekkan hukum. Pada 1814, ia terpilih sebagai anggota Kamar Deputi, dan pada 1815 ia mendesak tuntutan putra Napoleon atas takhta Prancis dan memprotes Restorasi Bourbon. Setelah kejadian ini, ia dengan giat menentang pemerintah, kefasihannya membuatnya menjadi pembicara terkemuka di antara anggota sayap kiri.

Pada Februari 1823, penentangannya terhadap pawai Prancis ke Spanyol (Ekspedisi Spanyol) untuk membantu Ferdinand VII melawan rakyatnya yang memberontak menimbulkan huru-hara di Kamar Deputi. Dalam penentangannya terhadap invasi Prancis, Manuel menyiratkan (walaupun dia tidak dapat menyelesaikan berbicara karena dia diteriaki) bahwa raja Spanyol akan berada dalam posisi yang sama seperti Louis XVI selama Revolusi, dan orang-orang Spanyol yang terpojok mungkin bereaksi dengan mengeksekusi Ferdinand. Dia bermaksud itu sebagai peringatan terhadap intervensi, tetapi dituduh melakukan "pembelaan pembunuhan". Dalam interpretasi ilegal aturan legislatif Manuel diusir oleh mayoritas ultraroyalis di Kamar, tetapi dia menolak untuk menerima kecaman ini, dan kekuatan digunakan untuk memindahkannya secara fisik.[1] Insiden itu disebutkan oleh Victor Hugo dalam karyanya yang terkenal pedas, "Les Châtiments" ("Hukuman").

Manuel meninggal pada 1827 pada usia 51 tahun. Rombongan pemakamannya diikuti oleh puluhan ribu pelayat dalam perjalanan ke pemakamannya di Père-Lachaise. Pierre-Jean de Béranger, penulis lagu terkenal, dimakamkan di sampingnya 30 tahun kemudian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Archives Parlementaire, 2:38 26 Feb. 1823, page 438