Jabal Sawda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jabal Sawda
Al Sawda peak.jpg
Titik tertinggi
Ketinggiansekitar 3000 meter (9843 ft).
Geografi
Jabal Sawda berlokasi di Arab Saudi
Jabal Sawda
Jabal Sawda
Lokasi di Arab Saudi
LetakArab Saudi
DaerahSA

Jabal Sawda (bahasa Arab: جبل السودة‎) adalah puncak tertinggi di Arab Saudi[1], dengan ketinggian sekitar 3000 meter (9843 ft) diatas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Provinsi 'Asir, Arab Saudi, 20 kilometer dari Abha. Tumbuh didalamnya hutan alami antara lain dari jenis pepohonan juniper menjadikan gunung ini terlihat berwarna hijau.[2]

Pihak Pemerintah Arab Saudi mengklaim puncak ini merupakan titik tertinggi di Arab Saudi dengan tinggi 3.133 meter, tetapi menurut indikasi data yang dimiliki oleh Shuttle Radar Topography Mission tinggi puncak ini hanya 2.985 meter, dan titik tertinggi di negara ini terdapat di wilayah lain.

Pariwisata di Jabal Sauda'[sunting | sunting sumber]

Jabal Sauda' merupakan bagian dari wilayah Tihamah, dan telah dipasang teropong besar di beberapa bagian seperti bagian yang menghadap ke pemandangan yang menarik seperti lembah-lembah, wadi-wadi, perkampungan yang bersebelahan dengan dataran rendah, dan suhu yang tercatat di wilayah ini tidak sampai 15 derajat celcius pada musim panas, dan suhu di musim dingin sangat rendah dibandingkan dengan daerah sekitarnya (Abha). Di wilayah ini telah dibangun kampung wisata, yang mencakup berbagai layanan, seperti kereta gantung yang menghubungkan taman Jabal Sauda' di desa Rijal Alma' dengan wilayah pusat kota Abha, sekitar 40 kilometer.

Di dekat taman wisata Jabal Sauda', terdapat beberapa kampung wisata, seperti desa Bahah Rabi'ah dengan air terjun alaminya, serta beberapa danau. Kampung wisata yang terletak di utara Jabal Sauda' tersebut telah dibuka oleh Raja Abdul Aziz bin Saud Alu Saud yang terdapat pemandangan indah serta berbagai layanan bagi para pengunjung dan wisatawan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ هيئة المساحة الجيولوجية: أعلى نقطة ارتفاع في المملكة جبل السودة وأخفضها سبخة الحمر.
  2. ^ بالصور – جبل السودة .. أخضر جبال السعودية.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]