Ja'mie: Private School Girl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ja'mie: Private School Girl
Berkas:Ja'mie Private School Girl intertitle.png
Genre Komedi mokumenter
Pembuat Chris Lilley
Penulis Chris Lilley
Sutradara Chris Lilley
Stuart McDonald
Pemeran Chris Lilley
Komposer lagu tema Chris Lilley
Komposer John Foreman
Negara Australia
Bahasa Inggris
Jumlah musim 1
Jumlah episode 6
Produksi
Produser eksekutif Laura Waters
Chris Lilley
Produser Laura Waters
Chris Lilley
Lokasi Melbourne
Sinematografi Nick Gregoric
Durasi 25-27 menit
Rumah produksi Princess Pictures
ABC
HBO
Siaran
Stasiun televisi ABC1
HBO
BBC Three
Format gambar PAL (576i)
HDTV 1080i (AS/Inggris)
Format audio Stereofonik
Siaran sejak 23 Oktober 2013  27 November 2013
Kronologi
Diawali oleh Angry Boys
Dilanjutkan oleh Jonah from Tonga
Tayangan terkait We Can Be Heroes
Summer Heights High
Pranala luar
Ja'mie: Private School Girl

Ja'mie: Private School Girl adalah serial televisi komedi yang mengisahkan tentang gadis-gadis sekolah menengah swasta di kawasan North Shore, Sydney. Serial televisi Australia ini ditulis dan dibintangi oleh Chris Lilley. Serial ini melanjutkan gaya mokumenter serial Lilley sebelumnya. Ja'mie: Private School Girl mengisahkan tentang Ja'mie King, karakter yang muncul dalam seri sebelumnya, We Can Be Heroes dan Summer Heights High, dalam menjalani minggu-minggu terakhir SMA-nya.

Serial ini diproduksi oleh Chris Lilley dan Princess Pictures bekerja sama dengan Australian Broadcasting Corporation (ABC) dan HBO.[1]

ABC menyiarkan acara ini di Australia dari tanggal 23 Oktober hingga 27 November 2013. HBO mulai menayangkan acara ini di Amerika Serikat pada tanggal 24 November 2013.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Lilley mengumumkan di halaman Facebook-nya bahwa ia sedang mengerjakan sebuah acara baru. ABC mengonfirmasikan bahwa enam bagian serial komedi setengah jam Lilley itu akan disiarkan pada tahun 2013.[2] Pada 8 September 2013, Lilley mengungkapkan judul acara tersebut dan karakter yang kembali dalam serial tersebut adalah Ja'mie King.[1][3]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Rumah produksi yang berlokasi di Melbourne, Princess Pictures, dan Chris Lilley memproduksi serial tersebut, yang dibantu oleh ABC, HBO, dan BBC. Shooting dilakukan di Haileybury, Melbourne.[4]

Penyiaran dan sambutan publik[sunting | sunting sumber]

Private School Girl ditayangkan perdana di saluran ABC1 di Australia pada tanggal 23 Oktober 2013[5] dan di HBO di Amerika Utara pada tanggal 24 November 2013.[6] Serial ini mulai disiarkan di BBC Three di Inggris tanggal 6 Februari 2014.[7]

Data angka ABC pada awalnya menunjukkan serial ditonton oleh 924.000 orang, tapi hingga episode keempat turun menjadi 575.000. Meskipun demikian, serial ini sukses di ABC iview, mengalahkan rekor sebelumnya oleh Doctor Who.[8]

Beragam reaksi kritis diterima serial ini. Laurence Barber dari The Guardian menyalahkan kurangnya pengembangan karakter sehingga popularitasnya menurun di Australia.[8] Mengulas acaranya yang disiarkan di HBO, Tim Goodman dari The Hollywood Reporter mengkritisi transisi dari sketsa menjadi serial dengan mengatakan, "Anda harus menjadi penggemar terbesar Ja'mie supaya ingin menontonnya berbicara tanpa henti selama 30 menit."[9] Setelah tayangan perdana acara ini di Britania Raya, Rebecca Smith dari The Daily Telegraph memuji sisi komedi dari episode pertama dan penampilan Lilley, tapi ia meyakini bahwa serial itu "dalam bahaya karena menjadi satu dimensi."[10]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Ja'mie King[sunting | sunting sumber]

Ja'mie King, diperankan oleh Chris Lilley, adalah karakter utama acara itu. Ia juga merupakan karakter utama di dua acara Lilly sebelumnya, We Can Be Heroes dan Summer Heights High. Ja'mie: Private School Girl mengisahkan tentang Ja'mie pada tahun terakhirnya di sekolah, meninggalkan Summer Heights High, dan kembali ke Hillford Girls Grammar School.[1]

Mitchell[sunting | sunting sumber]

Mitchell Ward, diperankan oleh Lester Ellis, Jr., adalah dambaan cinta Ja'mie King, seorang siswa baru kelas sepuluh yang memperoleh beasiswa rugby di sekolah putra Kelton Boys Grammar. Dalam Episode 4, ia putus dengan Ja'mie dan mulai mengencani temannya Madison yang membenci the Prefects. Di Episode 5, ia mengirimkan Ja'mie sebuah foto kemaluannya yang ditunjukkan oleh Ja'mie ke Madison. Madison mengatakan bahwa ia akan mencampakkan Mitchell. Ja'mie dan Mitchell bersatu lagi di akhir Episode 6 setelah Ja'mie lebih memilihnya daripada Kwami karena fakta bahwa Mithcell berkulit putih. Setelah 6 bulan, Ja'mie menyebutkan bahwa ia putus dengan Mitchell karena Mitchell terus mengirimkannya foto-foto alat kelamin Mitchell.

The Prefects[sunting | sunting sumber]

The Prefects adalah kelompok teman-teman Ja'mie di sekolah dan memimpin cewek-cewek di Hilford. Mereka menggambarkan diri mereka sebagai cewek-cewek paling quiche di sekolah (quiche adalah istilah gaul yang menggambarkan seseorang lebih hot dari yang hot[11]). Semua cewek-cewek tersebut dikeluarkan di akhir Episode 6 setelah mereka menampilkan pertunjukan vulgar pada malam Pertunjukan Hilford. Mereka menjadi anggota Ja'mie di Blaxland College, yang ditunjukkan setelah 6 bulan.

  • Madison Cartwright diperankan oleh Georgie Jennings, sebelumnya adalah teman Ja'mie hingga Episode 4. Ia menjauh dari Ja'mie setelah Ja'mie mengetahui ia menghabiskan waktu senggang dengan Mitchell yang juga mengakibatkan Mitchell putus dengan Ja'mie. Ja'mie mencoba untuk mencabut status prefect Madison dan keduanya saling berkelahi. Di Episode 5, ia dan Ja'mie mulai berbaikan setelah Mitchell mengirimkan sebuah foto alat kelamin ke Ja'mie dan Ja'mie berbohong pada Madison tentang sebuah hal-hal buruk yang dikatakan Mitchell mengenai Madison, yang menyebabkan Madison mencampakkan Mitchell.
  • Olivia diperankan oleh Georgia Treu
  • Immy diperankan oleh Laura Grady
  • Morgan diperankan oleh Phoebe Roberts
  • Alex diperankan oleh D'arci Buckerfield
  • Bella diperankan oleh Tayla Duyal

Courtney[sunting | sunting sumber]

Courtney, diperankan oleh Madelyn Warrell, adalah adik Ja'mie yang juga masuk Hilford. Ia adalah subjek dari banyak cacian Ja'mie, khususnya karena ia mengikuti paduan suara sekolah. Ia dan temannya, Selena (Thi Reynolds) memfilmkan tarian cabul Ja'mie dengan Mitchell.

Cody[sunting | sunting sumber]

Cody, diperankan Alex Cooper, adalah "GB" (Gay Bestie, artinya "sahabat") Ja'mie. Ia bersekolah di Kelton Boys Grammar dan ia adalah orang pertama yang memberitahu Ja'mie mengenai Mitchell. Ia mengambil kelas menari di Hilford dengan Ja'mie karena Kelton tidak memiliki kelas menari. Ia bertanggung jawab atas pemberontakan Ja'mie yang dilakukan di Episode 5 dan juga menemani Ja'mie mengunjungi Kwami untuk terakhir kalinya.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

  • Jhyll King diperankan oleh Jhyll Teplin, adalah ibu Ja'mie (sebelumnya tampil di We Can Be Heroes dan Summer Heights High). Ia selalu dicaci oleh Ja'mie.
  • Marcus King diperankan oleh Brad Brivik, adalah ayah Ja'mie yang sering dimanipulasi oleh Ja'mie untuk kepentingannya.
  • Mandy diperankan oleh Monique Max, adalah asisten Marcus yang disukai oleh Ja'mie karena masih muda dan menyetujui ide Ja'mie untuk pesta. Tersirat bahwa Marcus berselingkuh dengannya.
  • Mr Hayes diperankan oleh Wayne Perkins, adalah wakil kepala sekolah di Hilford Girls Grammar. Ia kelihatannya tidak mengetahui keburukan Ja'mie, tetapi tidak berarti bahwa ia benar-benar tidak menyadarinya. Setelah mengancam untuk mengeluarkan Ja'mie di Episode 5, ia akhirnya benar-benar melakukannya di akhir Episode 6. Setelah menghentikan kata-kata kasar Ja'mie tentang Medali Hilford, Mr Hayes terpaksa campur tangan ketika Ja'mie memainkan video Ja'mie dan Kwami. Ia dan Ibu Whelan mengeluarkan Ja'mie dan the Prefects.
  • Kwami diperankan oleh Albert Mambo, adalah seorang putra Uganda lawan obrolan Ja'mie via skype setiap malam. Di Episode 2, ia mengirimkan foto alat kelaminnya ke Ja'mie. Kwami mulai berhubungan dengan keluarga King di Episode 3 dan menghadiri pesta Ja'mie. Di Episode 5 ia diusir dari rumah keluarga King setelah Marcus King mengetahui bahwa ia menunjukkan alat kelaminnya di skype kepada Ja'mie setelah Ja'mie menunjukkan payudaranya pada Kwami. Ja'mie kemudian mengunjunginya untuk menjelaskan alasan ia diusir dan mengungkapkan bahwa Ja'mie telah memanfaatkannya untuk memperoleh Medali Hilford. Kwami menyatakan bahwa ia mencintai Ja'mie, meskipun Ja'mie menolak dan meninggalkannya. Di Episode 6, Ja'mie menunjukkan video mengenai ia dan Kwami di malam perpisahan yang menyebabkan ia dikeluarkan.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima dan nomine Hasil
2014 Logie Awards[12][13] Program Hiburan Ringan Paling Populer Ja'mie: Private School Girl Nominasi
Aktor Paling Populer Chris Lilley Menang
Aktor Paling Luar Biasa Nominasi

Perilisan video rumah[sunting | sunting sumber]

Serial Detail set Tanggal rilis DVD Fitur khusus
Region 1 Region 2 Region 4
Ja'mie: Private School Girl
  • 2 cakram
  • 6 episode
5 Agustus 2014[14] 16 Juni 2014[15] 28 November 2013[16]
  • Adegan-adegan yang dihapus
  • Kesalahan-kesalahan
  • Kejadian-kejadian di belakang layar

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c British Broadcasting Corporation (08-09-2013). Summer Heights High's Ja'mie King Goes Back to School for BBC Three. Siaran pers. Diakses pada 08-09-2013.
  2. ^ Australian Broadcasting Corporation (29-11-2012). ABC TV in 2013… Amazing!. Siaran pers. Diakses pada 09-09-2013.
  3. ^ Lewis, Maria (8-09-2013). "Chris Lilley Reprises Role of Ja'mie King in New Series on ABC". news.com.au. News Limited. Diakses tanggal 08-09-2013. 
  4. ^ Staff Writers (1 -11-2013). "Chris Lilley Comedy Horrifies Parents, Ex-Students of Haileybury". Herald Sun. News Limited. Diakses tanggal 20-11-2013. 
  5. ^ Suz (30-09-2013). "UPDATED: Chris Lilley Reveals Air Date for 'Ja'mie: Private School Girl'". Pedestrian.TV. Pedestrian Group. Diakses tanggal 30-09-2013. 
  6. ^ Kondolojy, Amanda (09-09-2013). "'Ja'mie: Private School Girl' Debuts November 24 on HBO - Ratings". Zap 2 it. TVbytheNumbers. Diakses tanggal 30-09-2013. 
  7. ^ Australian Broadcasting Corporation (20-02-2013). New Chris Lilley Series in Production for ABC1. Siaran pers. Diakses pada 09-09-2013.
  8. ^ a b Barber, Laurence (15-11-2013). "Not so Ja’miezing: Private School Girl proves disappointing". The Guardian. Diakses tanggal 08-02-2014. 
  9. ^ Goodman, Tim (22-11-2013). "'Getting On' and 'Ja'mie: Private School Girl': TV Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 08-02-2014. Maybe a good idea on paper, but not in execution. You'd have to be the biggest of Ja'mie fans to want to watch her talking nonstop for 30 minutes. 
  10. ^ Smith, Rebecca (06-02-2014). "Ja'mie: Private School Girl, BBC Three, review". The Telegraph. Diakses tanggal 08-02-2014. Chris Lilley's mockumentary is sharp and funny, but is in danger of becoming one-dimensional. 
  11. ^ ACBP (23-10-2013). "Quiche". Urban Dictionary. Diakses tanggal 05-02-2014. 
  12. ^ "2014 Logies: Full list of winners". The Sydney Morning Herald. 28-04-2014. Diakses tanggal 16-01-2015. 
  13. ^ Knox, David (27-04-2014). "Logie Awards 2014: Winners". TV Tonight. Diakses tanggal 16-01-2015. 
  14. ^ http://store.hbo.com/jamie-private-school-girl-dvd/detail.php?p=527675
  15. ^ http://www.amazon.co.uk/Jamie-Private-School-Girl-DVD/dp/B00JC359LQ/
  16. ^ "Ja'mie - Private School Girl". ABC Shop. Australian Broadcasting Corporation. Diakses tanggal 04-11-2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]