Jūrkalne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jūrkalne
desa
Gereja Jūrkalne
Gereja Jūrkalne
Negara Latvia
Munisipalitas (novads)Munisipalitas Ventspils
ParokiParoki Jūrkalne (Jūrkalnes pagasts)
Ketinggian
14 m (46 ft)
Populasi
 (2020)[1]
 • Total199
LV
LV-3626
Situs webhttp://www.jurkalne.lv/

Jūrkalne (IPA: /'ju:rkalne/) adalah sebuah desa di Latvia, pusat paroki Jūrkalne di Munisipalitas Ventspils dekat pantai Laut Baltik. Terletak di dekat persimpangan jalan raya P111 (Ventspils (Leči) - Grobiņa) dan P119 (Kuldīga - Alsunga - Jūrkalne). Ada rumah rakyat dan perpustakaan di Jūrkalne. Sekolah Dasar Jūrkalne ditutup pada tahun 2016.[2][3] Gereja Jūrkalne terletak di desa. Di dekat desa terdapat pantai dengan tebing setinggi 20 meter.

Jūrkalne adalah tujuan populer bagi turis Latvia, bagian dari jalur wisata internasional "Jalan Pantai".[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jūrkalne terletak di wilayah tradisional kelompok etnis Suiti. Sampai tahun 1925, namanya adalah Fēliksberga (Jerman: Felixberg). Sebelum 1844 namanya adalah Medeņciems,[5] juga Jūrciems.[6]

Selama Perang Napoleon pada 15 Mei 1809, pertempuran terjadi di pantai Jūrkalne antara pelaut Inggris dan Denmark.[7] Dari tahun 1872, Sekolah Maritim Jūrkalne yang berusia tiga tahun beroperasi di sini, yang melatih pelatih jarak jauh dan kapten jarak pendek hingga Perang Dunia Pertama.

Tokoh terkenal[sunting | sunting sumber]

Pendiri besar musikologi Yahudi, komposer Abraham Zevi Idelsohn (1882-1938), penulis lagu Yahudi Hava Nagila, lahir di Jūrkalne.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]