Iziaslav I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Iziaslav I
Pangeran Agung Kiev
Berkuasa1054–1068, 1069–1073, dan 1076–1078
PendahuluYaroslav Mudry
PenerusSviatoslav II
Pangeran Turov
Berkuasa1045–1052
Pangeran Novgorod
Berkuasa1052–1054
Lahir~1024
Wafat3 Oktober 1078 [usia~54]
Nezhatyna Nyva
Pemakaman
DinastiWangsa Rurik
Nama lengkap
Iziaslav Yaroslavovich
AyahYaroslav Mudry
IbuIngegerd Olofsdotter dari Swedia (putri Olof Skötkonung)
PasanganGertruda Olisava, saudari Kazimierz
AnakYaropolk Izyaslavich, Mstislav, Sviatopolk II
SignIziaslav I

Iziaslav Yaroslavich (1024 – 3 Oktober 1078, nama baptisnya Demetrius) adalah Knyaz (Pangeran) Turov, (Veliki Kniaz) Kiev (dari tahun 1054).

Keturunan Izyaslav, Yaropolk dan Sviatopolk akan memerintah Kerajaan Turov yang kekuasaannya ditantang terutama oleh Rostilavichi dari Rostislav Vsevolodovich.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Iziaslav adalah putra sulung Yaroslav Mudry dan istri keduanya, Ingigerd Olafsdottir. Iziaslav menggantikan ayahandanya setelah putra sulung Yaroslav, Vladimir (putra tunggal istri pertama Yaroslav), meninggal. Iziaslav merupakan salah satu penulis "Pravda Yaroslavichiv" – sebuah bagian kode hukum pertama Rus, yang disebut Russkaya Pravda.

Ia juga berjasa dengan pembangunan Kyiv Pechersk Lavra. Pangeran Iziaslav I dari Kiev menyerahkan seluruh gunung untuk para biarawan Antonite yang mendirikan sebuah biara yang dibangun oleh para arsitek dari Konstantinopel. Menurut Babad Utama pada awal abad ke-11, Santo Антоній, seorang Rahib Gereja Ortodoks dari Esphigmenou di Gunung Athos, yang berasal dari Lubecz di Kerajaan Chernigov, kembali ke Rus dan menetap di Kiev sebagai seorang misionaris tradisi monastik ke Rus Kiev. Ia memilih sebuah gua di Gunung Berestov yang menghadap Sungai Dnieper dan komunitas murid-murid segera tumbuh.

Pada tahun 1043 ayahandanya, (Veliki Kniaz) Yaroslav membuat sebuah perjanjian dengan Raja Kazimierz I Odnowiciel yang mengakui Chervyen’ sebagai bagian dari Kiev. Perjanjian tersebut disegel dengan sebuah pernikahan ganda—Kazimierz dengan Dobronega, saudari Yaroslav; dan Iziaslav dengan Gertruda, saudari Kazimierz.[1] Dari pernikahan tersebut lahir tiga orang anak: putra Iziaslav, Yaropolk, Mstislav dan Sviatopolk II. Setelah kematian Yaroslav Mudry, kerajaannya dibagi di antara ketiga putranya yang lebih besar, (Vladimir dari Novgorod meninggal sebelum itu), Izyaslav, Sviatoslav, dan Vsevolod, yang menciptakan tiga serangkai Yaroslavichi yang memerintah negara itu selama 20 tahun ke depan.

Sehagai hasil dari pemberontakan populer tahun 1068, Iziaslav dipecat dan melarikan diri ke Polandia.[1] Pada tahun 1069 ia merebut kembali Kiev dengan bantuan tentara Polandia; namun gagal dan ia kembali diusir oleh saudara-saudaranya pada tahun 1073. Iziaslav berbalik ke Heinrich IV, Kaisar Romawi Suci Jerman, raja Polandia Bolesław II, dan Paus Gregorius VII, dan mencari bantuan pada beberapa kesempatan. Iziaslav menjadi raja pertama Rus pada tahun 1075 ketika Paus mengirimkannya sebuah mahkota. Ia berhasil merebut kembali Kiev sekali lagi pada tahun 1076, namun ia meninggal tak lama kemudian di dalam sebuah perang melawan Pangeran-pangeran Oleg Svyatoslavich dan Boris Vyacheslavich.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Iziaslav dan Gertruda memiliki keturunan sebagai berikut:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Simon Franklin, Jonathan Shepard, The Emergence of Rus 750–1200, (Routledge, 2013), 253.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Martin, Janet. Medieval Russia, 980–1584 (Cambridge Medieval Textbooks)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Iziaslav I Yaroslavich
Wangsa Rurik
Lahir: 1024 Wafat: 1078
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
dibangun kembali
Pangeran Turov
1042–1078
Diteruskan oleh:
Yaropolk Izyaslavich
Didahului oleh:
Yaroslav Mudry
Pangeran Agung Kiev
1054–1073
Diteruskan oleh:
Sviatoslav II
Hanya gelar saja
Didahului oleh:
Vladimir Yaroslavich
Pangeran Agung Kiev
1052–1054
Diteruskan oleh:
Mstislav Izyaslavovich
Didahului oleh:
Sudislav Vladimirovich
Pangeran Agung Kiev urutan ke-2
1042–1052
Diteruskan oleh:
Sviatoslav Yaroslavich