Itik pualam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Itik pualam
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Genus:
Marmaronetta

Spesies:
Marmaronetta angustirostris

Bebek pualam atau itik pualam (Marmaronetta angustirostris) adalah spesies bebek berukuran sedang yang berasal dari Eropa Selatan, Afrika Utara, serta Asia Barat dan Tengah.[2] Nama ilmiahnya Marmaronetta angustirostris, berasal dari Bahasa Yunani Kuno marmaros ("marmer" atau "batu pualam") dan netta ("bebek"), serta kata Latin angustus ("sempit" atau "kecil") dan -rostris ("berparuh").

Distribusi, habitat dan perkembangbiakan[sunting | sunting sumber]

Telur, Museum Koleksi Wiesbaden

Bebek ini sebelumnya dibiakkan dalam jumlah besar di kawasan Mediterania, namun kini dibatasi di beberapa lokasi di Spanyol selatan, Italia selatan, Afrika barat laut, dan wilayah Levant yang lebih luas. Lebih jauh ke timur ia bertahan di tanah rawa Mesopotamia di Irak selatan dan di Iran (Rawa Shadegan - situs paling penting di dunia), serta ledok-ledok terpencil di Armenia, Azerbaijan, Rusia Eropa Selatan, India barat, dan Cina barat. Secara umum spesies ini mempunyai kecenderungan nomaden. Di beberapa daerah, burung menyebar dari tempat berkembang biaknya, dan ditemukan pada musim dingin di zona Sahel, selatan Sahara . [2]

Habitat perkembangbiakan yang disukainya adalah perairan dangkal, segar, payau, atau basa yang bersifat sementara dan dangkal dengan pantai yang ditumbuhi tanaman lebat di daerah yang cukup kering. Ia juga dapat berkembang biak di laguna pesisir, di sepanjang sungai yang mengalir deras, atau perairan buatan seperti waduk. Rata-rata ca. 12 butir telur ditempatkan dalam sarang yang ditutupi vegetasi lebat di tepi perairan. Biasanya terletak di atas tanah, tetapi kadang-kadang lebih tinggi di antara alang-alang atau di gubuk yang terbuat dari alang-alang. [2] Mereka umum ditemukan di penangkaran tetapi merupakan burung yang gugup dan gelisah.

Ini adalah burung yang suka berteman, bahkan saat bersarang. Di luar musim kawin, kawanan seringkali berjumlah kecil, meskipun kawanan besar yang mengalami musim dingin telah dilaporkan di beberapa daerah. Konsentrasi musim dingin terbesar yang diketahui ada di Khuzestan, Iran.

Pada tahun 2011, sekelompok ahli burung Irak menghitung satu kawanan itik pualam langka di danau rawa Irak, berjumlah setidaknya 40.000 burung.

Deskripsi dan pola makan[sunting | sunting sumber]

Itik pualam berukuran sekitar 39–42 cm (15–17 in) panjang. Burung dewasa berwarna coklat pucat, bercak putih pucat, dengan penutup mata gelap dan kepala berbulu lebat. Betina rata-rata lebih kecil dari jantan, tetapi jenis kelaminnya sama. Remaja serupa tetapi dengan bercak putih lebih banyak. Saat terbang, sayap terlihat pucat tanpa pola yang jelas, dan tidak ada spekulum di sayap sekunder.

Burung-burung ini mencari makan terutama di perairan dangkal dengan cara mencoba-coba atau melakukan up-ending. Serangga dewasa kebanyakan memakan biji-bijian (misalnya, dari Scirpus dan Ruppia ), namun juga memakan sejumlah besar invertebrata (terutama larva dan kepompong serangga air, krustasea kecil, dan—yang sangat tidak lazim bagi bebek— semut ) dan tanaman hijau (misalnya, potamogeton ). Ampela mereka memungkinkan mereka memecah benih dan lamela di paruh mereka memungkinkan mereka menyaring makanan dari organisme zooplanktonik . Itik pualam muda kebanyakan memakan invertebrata. Meskipun mereka memakan biji yang sangat kecil, mereka tidak memiliki ampela besar yang diperlukan untuk memecah biji yang lebih besar yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa.[3]

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Burung ini dianggap hampir terancam oleh IUCN karena berkurangnya populasi akibat perusakan habitat dan perburuan. Ini adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ). [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Birdlife international (2022). "Marmaronetta angustirostris". 2022: e.T22680339A205917761. doi:10.2305/IUCN.UK.2022-2.RLTS.T22680339A205917761.en. 
  2. ^ a b c d . 2017. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-1.RLTS.T22680339A110054350.en.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); BirdLife International (2017).
  3. ^ Fuentes, C.; M.I. Sánchez; N. Selva; A.J. Green (2004). "The diet of the Marbled Teal Marmaronetta angustirostris in southern Alicante, eastern Spain". Revue d'Écologie (La Terre et la Vie). 59: 475–490.