Itik kepala-perunggu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Itik kepala-perunggu
Mareca falcata

Male above, female below
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN22680153
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
GenusMareca
SpesiesMareca falcata
(Georgi, 1775)
Tata nama
Sinonim taksonAnas falcata
ProtonimAnas falcata
Distribusi
EndemikTaman Nasional Kaziranga

Itik kepala-perunggu ( Mareca falcata ) adalah bebek air berukuran sama besar dengan itik bemban dari Palearktik timur (Siberia Timur dan Mongolia hingga Jepang Utara; musim dingin hingga India).

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Itik kepala-perunggu berkembang biak di Asia Timur. Ia bersarang di Rusia timur, di Khabarovsk, Primorskiy, Amur, Chita, Buryatia, Irkutsk, Tuva, Krasnoyarsk timur, Sakha Sakhalin tengah selatan, Korea Utara paling timur laut dan Tiongkok utara, di Mongolia Dalam timur laut, dan Heilongjiang utara, dan di Jepang utara, Hokkaidō, Aomori, dan Kepulauan Kuril . Burung ini tercatat secara luas di luar kisaran normalnya, namun popularitas bebek cantik ini di penangkaran mengaburkan asal usul burung ekstralimital ini.

Bebek air ini sangat bermigrasi dan musim dingin di sebagian besar Asia Tenggara. Di India: Uttar Pradesh, Bihār, Assam, Haryāna timur. Juga di Bangladesh utara, Myanmar utara dan tengah, Laos utara hingga Sungai Mekong, Vietnam utara (dari sekitar Hanoi utara), dan Cina: Hainan, Taiwan, Yunnan, Guangxi, Guangdong, Fujian, Jiangxi, Hunan utara, Hubei, Zhejiang, Anhui, Jiangsu, Shandong, Hebei selatan, Shanxi, Shaanxi utara. Ia suka berteman di luar musim kawin dan kemudian akan membentuk kelompok besar.

Diperkirakan terdapat sekitar 89.000 ekor itik kepala-perunggu ; ini jauh lebih tinggi dari perkiraan populasi sebelumnya yaitu 35.000 di seluruh dunia.[2]

Selama survei yang dilakukan di Tiongkok Tengah, daerah migrasi itik kepala-perunggu pada musim dingin, jumlah hewan yang terlihat sangat sedikit. Pada tahun 2004 hanya tercatat 4, dan pada tahun 2005 hanya 10.[3]

Ini adalah spesies lahan basah dataran rendah, seperti padang rumput air atau danau, dan biasanya mencari makan dengan mencoba makanan nabati atau merumput.

Cagar Alam Nasional mendukung tingginya proporsi populasi spesies Anatidae yang terancam punah secara global di Tiongkok bagian timur (IUCN, 2009): 30% dari populasi itik kepala-perunggu ( Anas falcata ) yang hampir terancam punah. Ada sekitar dua puluh tujuh persen spesies bebek kepala-perunggu yang ada di Cagar Alam Nasional.

Migrasi[sunting | sunting sumber]

Seekor bebek kepala-perunggu dari Asia yang menggelandang di Suaka Margasatwa Nasional Colusa Kalifornia pada bulan Desember 2011

Itik kepala-perunggu mempunyai jangkauan yang luas, dengan perkiraan tingkat kejadian global mencapai 1.000.000–10.000.000 km2 (390.000–3.860.000 sq mi) . . [4]

Daerah perkembangbiakan itik kepala-perunggu adalah dari Siberia bagian timur dan Mongolia hingga Tiongkok timur laut dan Jepang bagian utara dengan tempat musim dingin di bagian utara Asia Tenggara hingga India timur laut. Ada juga sejumlah kecil penampakan itik kepala-perunggu di Amerika Utara bagian barat dan Polandia. Namun, penampakan ini dikaitkan dengan gelandangan dan bebek yang melarikan diri dari penangkaran.[5]

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Jantan dan betina memiliki panjang yang sama yaitu 46 hingga 53 cm (18–21 in) . Berat badan mereka bisa berkisar antara 422 hingga 770 g (14,9–27,2 oz), dengan jantan memiliki berat lebih dari betina mereka. Lebar sayap berkisar dari 79 hingga 91 cm (31–36 in) . [6] Jantan yang sedang berkembang biak tidak salah lagi. Sebagian besar bulu tubuhnya berwarna abu-abu vermikulasi halus, dengan tersia panjang berbentuk sabit, yang menjadi asal muasal nama spesies ini, menggantung di punggungnya. Kepala besar berwarna hijau tua dengan tenggorokan putih, dan kerah hijau tua serta mahkota berwarna perunggu. Daerah kloaks bercorak kuning, hitam dan putih.

Itik kepala-perunggu betina berwarna coklat tua, bulunya mirip itik bungalan betina. Paruhnya yang panjang berwarna abu-abu merupakan bantuan untuk identifikasi. Gerhana jantan mirip dengan betina, namun lebih gelap di bagian punggung dan kepala. Dalam penerbangan, kedua jenis kelamin menunjukkan bagian bawah sayap berwarna abu-abu pucat. Spekulum berwarna kehitaman dibatasi dengan garis putih di tepi dalamnya. Burung muda bersifat penyangga dibandingkan betina dan mempunyai tertial pendek.

Remaja memiliki bulu yang mirip dengan betina dari spesies tersebut.[7]

Bebek ini biasanya tenang kecuali di wilayah perkembangbiakannya. Bebek jantan memiliki peluit yang melengking tyu-tyu-vit…tyu-vit…tyu-tyu-vit (Dementiev dan Gladkov 1952) dan peluit pelan yang diakhiri dengan uit-trr yang bergetar (Flint et al. 1984). Bebek betina memiliki seruan penghasut dua suku kata yang serak, kwek, pendek, dan seruan Decrescendo bernada tinggi, dua hingga empat suku kata (Lorenz dan Von de Wall 1960).

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Pola makan dan perannya dalam ekosistem[sunting | sunting sumber]

Itik kepala-perunggu mempunyai kebiasaan makan yang umumnya terdiri dari invertebrata kecil dan serangga lain serta makanan nabati. Mereka terutama memakan tumbuhan atau serangga di dekat air, memakan hewan seperti larva, krustasea, dan moluska. Mereka juga mengonsumsi makanan nabati: daun-daunan, biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Banyak yang beranggapan bahwa itik kepala-perunggu membantu menyebarkan benih ke wilayah yang luas karena pola makan mereka. Bebek ini pada dasarnya adalah hewan herbivora. Bebek ini menjadi inang bagi sejumlah parasit yang berbeda (kutu, kutu, kutu) dan dengan demikian membawa penyakit seperti: virus West Nile, flu burung, cacar burung, salmonellosis, stafilokokosis, dan E. coli . Apalagi mereka membawa virus, bakteri, jamur, dan protozoa yang dapat menular ke makhluk lain, misalnya vertebrata bahkan manusia. [8]

Perkembangbiakan dan siklus hidup[sunting | sunting sumber]

Telur itik kepala-perunggu

Satu sarang biasanya terdiri dari 6 – 10 butir telur. Telur umumnya diletakkan pada akhir bulan Mei. Mereka bersarang di tanah di rerumputan lebat, semak belukar, semak belukar, atau tersembunyi di kayu mati. Biasanya telurnya bersarang di dekat air tetapi juga terlihat di semak-semak kecil sekitar 80 m (260 ft) dari air. Telurnya berwarna putih dengan semburat kuning kemerahan. Betina mengerami telurnya sendiri, 24-25 hari di penangkaran. Jantan akan meninggalkan betina selama inkubasi.

Itik kepala-perunggu memiliki ritual pacaran yang sangat rumit. Betina melakukan serangkaian panggilan menghasut dan gerakan lainnya sambil bersolek di belakang sayap jantan yang menjadi sasarannya. Jantan menggunakan metode pacaran yang mirip dengan genus Anas lainnya, termasuk goyangan perkenalan, seruan sendawa yang meregangkan leher, peluit mendengus, dan kepala dan ekor yang mendongak ke atas kesana kemari. Selama musim kawin, itik kepala-perunggu membentuk pasangan monogami yang bertahan sepanjang musim kawin. [9] Tidak diketahui berapa lama umur itik kepala-perunggu. Informasi mengenai luas wilayah mereka juga tidak banyak karena bebek ini tidak dipelajari sedekat spesies lain yang lebih populer seperti angsa atau angsa. [9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Mareca falcata". 2016: e.T22680153A92846435. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22680153A92846435.en. 
  2. ^ Baral, H.; Barter, M.; Cao, L.; Chan, S.; Tordoff, A.W. "Falcated Duck Mareca falcata". BirdLife International. Diakses tanggal 11 August 2015. 
  3. ^ Liu, Yang, Zheng-Wang Zhang, et al. "A survey of the birds of the Dabie Shan range, central China." Forktail.
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama iucn status 12 November 20212
  5. ^ Li, J., S. Lu, Y. Liu, Z. Zhang, Y. Zhang, X. Ruan.
  6. ^ Glover, Stephen. "ADW: Anas falcata: INFORMATION". Animaldiversity.ummz.umich.edu. Diakses tanggal 2014-04-08. 
  7. ^ "Descriptions and articles about the Falcated Duck (Anas falcata) - Encyclopedia of Life". Eol.org. Diakses tanggal 2014-04-08. 
  8. ^ Glover, Stephen. "ADW: Anas falcata: INFORMATION". Animaldiversity.ummz.umich.edu. Diakses tanggal 2014-04-08. 
  9. ^ a b Glover, Stephen. "ADW: Anas falcata: INFORMATION". Animaldiversity.ummz.umich.edu. Diakses tanggal 2014-04-08.