István Csáky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
István Csáky
Csáky István portrait.png
Menteri Luar Negeri Hongaria
Masa jabatan
10 Desember 1938 – 27 Januari 1941
Perdana MenteriBéla Imrédy
Pál Teleki
PendahuluBéla Imrédy
PenggantiPál Teleki
Informasi pribadi
Lahir(1894-07-14)14 Juli 1894
Segesvár, Austria-Hongaria
Meninggal dunia27 Januari 1941(1941-01-27) (umur 46)
Budapest, Kerajaan Hongaria
Partai politikPartai Kesatuan Nasional
ProfesiPolitikus

István Csáky de Körösszeg et Adorján (14 Juli 1894 – 27 Januari 1941) adalah seorang politikus Hongaria yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dari tahun 1938 hingga 1941.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

István Csáky lahir di kota Segesvár (kini Sighisoara, Rumania) yang merupakan bagian dari Kerajaan Hongaria pada masa itu. Ia merupakan keturunan Raja Báthory István dari Polandia. Ia mengenyam pendidikan hukum di Budapest dan masuk Akademi Konsular Kekaisaran di Wina. Setelah berakhirnya Perang Dunia I, ia menjadi diplomat yang turut serta dalam proses negosiasi perdamaian yang menghasilkan Perjanjian Trianon. Kemudian ia bekerja di kedutaan besar Hongaria di Vatikan, Bukares, Madrid dan Lisbon, serta mengisi beberapa lowongan jabatan di Kementerian Luar Negeri di Budapest.

Sebagai pengamat resmi dari Hongaria, ia turut serta dalam proses negosiasi Persetujuan München pada tahun 1938. Kemudian ia juga menjadi anggota delegasi Hongaria yang terlibat dalam proses Arbitrase Wina Pertama. Pada 10 Desember 1938, ia diangkat sebagai Menteri Luar Negeri oleh Perdana Menteri Béla Imrédy. Imrédy merupakan pendahulunya sebagai menteri luar negeri.

Sebagai seorang menteri, Csáky turut serta dalam proses negosiasi selama Arbitrase Wina Kedua pada tahun 1940 yang dimaksudkan untuk merebut kembali wilayah yang diserahkan kepada Rumania setelah berakhirnya Perang Dunia I. Wilayah Transilvania Utara pun diberikan kepada Hongaria. Pada masa jabatan Csáky, Hongaria bergabung dengan Pakta Tripartit. Pada 17 Desember 1940, ia menandatangani perjanjian persahabatan dengan Yugoslavia atas dorongan dari Jerman Nazi, tetapi kemudian Hongaria akan melanggar perjanjian ini dengan memberi izin kepada pasukan Jerman untuk menggunakan wilayah Hongaria untuk menyerbu Yugoslavia. Meskipun begitu, Csáky tidak sempat menyaksikan momen ini karena ia meninggal pada Januari 1941 akibat penyakit yang parah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Béla Imrédy
Menteri Luar Negeri Hongaria
1938–1941
Diteruskan oleh:
Pál Teleki