Podium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Podium di Olimpiade Musim Dingin 2010. Peraih medali seluncur indah tunggal putri: Mao Asada (kiri, perak), Yuna Kim (tengah, emas), Joannie Rochette (kanan, perunggu).
Seorang konduktor orkestra berdiri di atas podium, sehingga dia dapat melihat dan dilihat oleh para musisi.

Podium (atau Podia) adalah sebuah platform yang digunakan untuk mengangkat sesuatu ke atas lingkungannya. Kata ini berasal dari bahasa Yunani, πόδι (kaki). Dalam arsitektur, bangunan bisa diletakkan di atas podium besar.[1] Podia juga bisa digunakan untuk menaikkan orang, misalnya konduktor orkestra yang berdiri di atas podium seperti halnya banyak pembicara publik.

Istilah umum telah menunjukkan peningkatan penggunaan podium dalam bahasa Inggris Amerika untuk menggambarkan sebuah mimbar.[2][3][4][5]

Dalam olahraga, sejenis podium digunakan untuk menghormati tiga pesaing teratas dalam berbagai acara seperti Olimpiade. Di Olimpiade, podium tiga level digunakan. Secara tradisional, level tertinggi di tengah memegang peraih medali emas. Ke kanan mereka adalah platform yang agak rendah untuk peraih medali perak, dan di sebelah kiri peraih medali emas adalah platform yang lebih rendah lagi untuk peraih medali perunggu. Pada Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio, bagaimanapun, Perak dan Perunggu sama di ketinggian. Dalam banyak olahraga, hasil di tiga kompetisi teratas sering disebut sebagai "podium" atau "podium". Dalam beberapa olahraga individu, "podium" adalah statistik resmi, mengacu pada jumlah tiga hasil teratas yang dialami atlet selama musim atau karier. Kata itu juga bisa digunakan, terutama di Amerika Serikat, sebagai kata kerja, "to podium", yang berarti mencapai tempat podium.

Penggunaan dalam Olimpiade modern[sunting | sunting sumber]

Podium pertama kali digunakan di Pertandingan Kerajaan Inggris 1930 (sekarang Commonwealth Games) di Hamilton, Ontario dan selanjutnya selama Olimpiade Musim Dingin 1932 di Lake Placid dan Olimpiade Musim Panas 1932 di kota Los Angeles.[6][7]

Podium telah menjadi istilah gaul untuk menyelesaikan kontes di tiga tempat pertama. Penggunaan kata podium sebagai kata kerja dan bukan kata benda masih kontroversial. The New York Times menulis tentang penggunaan kata podium yang benar selama liputan Olimpiade Musim Dingin di tahun 2010.[8]

Penggunaan dalam olahraga bermotor[sunting | sunting sumber]

Pemenangnya berdiri di tengah, dengan pembalap peringkat kedua yang berada di sebelah kanannya dan pembalap peringkat ketiga yang berada di sebelah kirinya. Hadir pula para pejabat pilihan penyelenggara lomba yang akan menyerahkan piala.[9]

Gambaran podium di Grand Prix Italia 2004.
Podium pemenang Le Mans, 2015.

Dalam beberapa event olahraga bermotor, termasuk ajang Formula Satu, perwakilan tim yang telah berhasil memenangkan perlombaan juga akan hadir di atas podium, dengan podium keempat, piala dan sampanye. Di dalam berbagai bentuk olahraga bermotor, tiga pembalap di tiga posisi teratas dalam suatu perlombaan berdiri di atas podium untuk upacara piala. Dalam seri internasional, lagu kebangsaan pembalap pemenang, dan tim atau konstruktor pemenang dapat dimainkan melalui sistem alamat publik dan bendera negara pembalap dikibarkan di atasnya. Rekaman tersebut merupakan versi pendek dari lagu kebangsaan, dan memastikan bahwa upacara podium tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Jika seorang pembalap mengalami masalah dengan mobilnya pada putaran lambat di dalam ajang Formula Satu, maka pembalap tersebut akan dibawa ke dalam jalur pit melalui mobil jalan raya oleh petugas keamanan Administrasi Formula Satu.[9]

Setelah penyerahan piala, para pembalap akan sering menyemprotkan sampanye satu sama lain dan anggota tim mereka yang menonton di bawah, sebuah tradisi yang dimulai oleh Dan Gurney setelah balapan Le Mans 24 Jam 1967.[10] Para pembalap umumnya tidak akan menyemprotkan sampanye jika kecelakaan fatal atau kecelakaan besar terjadi selama balapan tersebut. Selain itu, di negara-negara yang melarang sponsor atau minuman beralkohol, minuman beralkohol dapat diganti dengan jenis minuman yang lain, misalnya air mawar.[9][11]

Istilah ini sudah menjadi bahasa yang umum di media, di mana seorang pembalap mungkin dikatakan "sedang menuju podium" atau "hanya kehilangan podium" ketika dia sedang menuju, atau hanya gagal finis di tiga besar. Seri Piala NASCAR, yang merupakan sebuah balapan mobil stok tingkat yang tertinggi di negara Amerika Serikat, tidak menggunakan podium dalam acara atau statistik pasca-pertandingan. Sebaliknya, tim pemenang merayakannya di jalur kemenangan, dan posisi lima besar dan sepuluh besar diakui secara statistik. Mereka yang finis di posisi kedua hingga kelima diharuskan untuk berhenti di bullpen media yang terletak di jalur pit untuk wawancara. INDYCAR NTT IndyCar Series tidak menggunakan podium, baik di Indianapolis 500 atau pun di Texas Motor Speedway. Indy 500 memiliki sebuah tradisi yang panjang, di mana pembalap dan tim pemenang merayakannya di jalur kemenangan, sementara presiden Texas Motor Speedway, yaitu Eddie Gossage, telah menyatakan bahwa jalur kemenangan harus disediakan untuk pemenang balapan.[12] Seri ini menggunakan podium di semua balapan yang lainnya, khususnya event balap jalanan.

Penggunaan dalam arsitektur[sunting | sunting sumber]

Podium arsitektur terdiri dari alas atau alas yang menonjol di permukaan tanah, dan telah digunakan sejak zaman kuno. Pada awalnya kadang-kadang tingginya hanya beberapa meter saja, podium arsitektur menjadi lebih menonjol di gedung-gedung seiring dengan berjalannya waktu, seperti yang diilustrasikan di galeri.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "podium: definition of podium in Oxford dictionary (American English) (US)". oxforddictionaries.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-27. Diakses tanggal 30 Mei 2022. 
  2. ^ "podium Meaning in the Cambridge English Dictionary". cambridge.org. Diakses tanggal 6 March 2017. 
  3. ^ "Definition of PODIUM". merriam-webster.com. Diakses tanggal 6 March 2017. 
  4. ^ "podium - definition of podium in English - Oxford Dictionaries". oxforddictionaries.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-17. Diakses tanggal 6 March 2017. 
  5. ^ "xkcd: Podium". xkcd.com. Diakses tanggal 6 March 2017. 
  6. ^ Department of Communications and Public Affairs, Western University (23 July 2018). "Western News - Search". Western News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 February 2014. 
  7. ^ Martin, D. E., Martin, D. A., & Gynn, R. W. (2000). The olympic marathon. Human Kinetics. p. 146.
  8. ^ "Zimmer, Ben" [1], "The New York Times", Feb. 4, 2010
  9. ^ a b c Saward, Joe (13 September 1997). "Podium Ceremonies". GrandPrix.com. Inside F1, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 March 2016. Diakses tanggal 25 December 2015. 
  10. ^ Franck, Lewis (August 1996). "Sometimes It Just Flows". Inside Sports. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 June 2001. 
  11. ^ F1 will have Arab flavour - Roland Hughes, The National, Abu Dhabi, 10 July 2008, Diarsipkan 4 July 2013 di Wayback Machine.
  12. ^ Thatsracin.com[pranala nonaktif permanen] Dixon looks forward to next week's break Retrieved 6/19/2009