Horch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Horch AG
IndustriOtomotif
Didirikan1899
Ditutup1932, (bagian dari Auto Union)
Kantor
pusat
Zwickau, Saxony, Jerman
Tokoh
kunci
August Horch, pendiri.
ProdukMobil

Horch adalah sebuah merek kendaraan asal Jerman yang dimiliki oleh August Horch & Cie. Dirikan pada awal bad ke-20.

Awal[sunting | sunting sumber]

Horch 853 Sport Cabriolet 1938
Ornamen kap mobil Horch, generasi pertama
Ornamen kap mobil Horch, Horch 830 BL 1938

Perusahaan ini pada awalnya didirikan oleh August Horch dan partner bisnisnya Salli Herz tanggal 14 November 1899 di Ehrenfeld, Cologne.[1] August Horch dulunya merupakan mantan manager produksi dari Karl Benz. Tiga tahun kemudian, tahun 1902 ia pindah dengan perusahaannya ke Reichenbach im Vogtland. Tanggal 10 Mei 1904 ia pun mendirikan Horch & Cie. Motorwagenwerke AG, sebuah perusahaan joint-stock di Zwickau (Negara bagian Saxony). Kota Zwickau merupakan pusat industri Saxony pada masa itu.

Tanggal 16 Juli 1909 August Horch mendirikan perusahaan keduanya August Horch Automobilwerke GmbH di Zwickau. Dia harus menamai ulang perusahaannya karena nama Horch sudah teregistrasi dan ia tidak punya hak untuk memakainya lagi. Tanggal 25 April 1910 merek Audi didaftarkan ke pengadilan registrasi Zwickau. Audi sendiri sebenarnya merupakan terjemahan bahasa Latin untuk horch. Nama Audi sendiri dicetuskan oleh anak dari partner bisnis Horch dari Zwickau.[2]

Kedua merek dari Zwickau ini (Horch dan Audi) bergabung dengan DKW dan Wanderer membentuk Auto Union pada tahun 1932. Mobil balap Silver Arrows dari tim Auto Union dikembangkan oleh Ferdinand Porsche dan Robert Eberan von Eberhorst, dikendarai oleh Bernd Rosemeyer, Hans Stuck, Tazio Nuvolari, dan Ernst von Delius sangat terkenal pada tahun 1930an.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ August Horch: "Ich baute Autos - Vom Schmiedelehrling zum Autoindustriellen", Schützen-Verlag Berlin 1937
  2. ^ Audi AG motion picture 1994: "The Silver Arrows from Zwickau", running time approx. 49 mins.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]