Bunga mata kucing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunga mata kucing
Torenia fournieri

Torenia fournieri 'Catalina Pink'
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoLamiales
FamiliScrophulariaceae
GenusTorenia
SpesiesTorenia fournieri
Linden

Bunga mata kucing (Torenia fournieri; bahasa Inggris: wishbone) adalah terna tahunan (annual herb) dan termasuk ke dalam keluarga Linderniaceae. Tumbuhan ini mempunyai bentuk kerdil (tinggi sekitar 15 cm sampai 30 cm) dengan bunga berbentuk terompet yang tumbuh rapat dan banyak namun tipis, warnanya beragam dengan 1 bunga memiliki 2 macam warna.[1] Daunnya oval hijau dengan bercak perak. Tumbuhan ini berasal dari Asia dan Afrika. Di Indonesia, tumbuhan ini dapat ditemukan di Gunung Prau.[2]

Umumnya, bunga mata kucing dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias dalam ruang dan diperjualbelikan secara bebas. Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki bentuk dan warna yang menarik dapat ditanam di dalam pot maupun di halaman rumah.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Torenia fournieri (Wishbone Flower) | North Carolina Extension Gardener Plant Toolbox". plants.ces.ncsu.edu. Diakses tanggal 2021-09-26. 
  2. ^ Lianah, Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi, Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; Nadhifah, Ainun (2021-06-01). "Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java". Jurnal Biodjati. 6 (1): 23–35. doi:10.15575/biodjati.v6i1.11693. ISSN 2548-1606. 
  3. ^ www.nparks.gov.sg https://www.nparks.gov.sg/florafaunaweb/flora/2/5/2516. Diakses tanggal 2021-09-26.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)