Pembicaraan:Soekarno: Perbedaan antara revisi

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
StefanusRA (bicara | kontrib)
k →‎Tempat kelahiran Soekarno: lupa mencantumkan tanda tangan
Ign christian (bicara | kontrib)
Baris 104: Baris 104:


<span style="text-decoration:blink;-moz-border-radius: 5px; border: solid 2px green; background-color: #FFE496; color=#5994C5">[[Pengguna:StefanusRA|'''&nbsp;StefanusRA&nbsp;''']]&nbsp;|&nbsp;[[Pembicaraan Pengguna:StefanusRA|'''&nbsp;✉&nbsp;''']] </span> 5 Juni 2015 07.18 (UTC)
<span style="text-decoration:blink;-moz-border-radius: 5px; border: solid 2px green; background-color: #FFE496; color=#5994C5">[[Pengguna:StefanusRA|'''&nbsp;StefanusRA&nbsp;''']]&nbsp;|&nbsp;[[Pembicaraan Pengguna:StefanusRA|'''&nbsp;✉&nbsp;''']] </span> 5 Juni 2015 07.18 (UTC)

:Hehe..nanti tunggu pernyataan resmi dari pemerintah saja. [[Pengguna:Ign christian|Ign christian]] ([[Pembicaraan Pengguna:Ign christian|bicara]]) 5 Juni 2015 07.36 (UTC)

Revisi per 5 Juni 2015 07.36

Mantan AB Artikel ini adalah mantan kandidat artikel bagus. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.

Tag OR dan unreferenced

  1. Saya menghapus komentar di bawah subbagian ini karena tidak ada hubungannya dengan pengembangan artikel.
  2. Saat ini kriteria artikel bagus utama sedang digodok dan mendekati tahap akhir, yaitu ratifikasi oleh pengguna Wikipedia. Karena itu di masa yang akan datang artikel seperti ini kalau mau diberi status featured harus dilengkapi rujukan terpercaya dan tanpa original research. Saya baru menambahkan kedua tag itu ke artikel ini, mungkin juga perlu diberi tambahan tag {{taknetral}} tapi untuk sementara saya rasa cukup dua itu dulu, karena taknetral sudah tercakup dalam OR dan rasanya tidak perlu membuat halaman penuh dengan berbagai tag/templat yang redundant.
  3. Menurut pendapat saya, artikel Soekarno, Soeharto, dan lain-lain perlu dikembangkan di Wikipedia Indonesia sehingga minimal memiliki rujukan terpercaya, karena penting dalam sejarah Indonesia. Analoginya adalah, bila artikel George Washington atau Winston Churchill ditulis dengan amburadul dalam Wikipedia bahasa Inggris, kesan yang didapat adalah bahwa Wikipedia tersebut tidak dapat dijadikan sumber ilmu. Yang memiliki pengetahuan sejarah Indonesia (yang tidak dipengaruhi oleh propaganda manapun namun didasarkan pada riset independen), silakan menulis kembali artikel-artikel ini. --Quoth nevermore 13:27, 21 September 2007 (UTC)

Setelah saya baca, keluarga Soekarno masih belum lengkap. Yurike Sanger dan Kartini Manoppo yang merupakan isteri-isteri beliau beserta anaknya Toto Suryawan Soekarnoputra belum dicantumkan. Toto Suryawan kebetulan saya kenal baik adalah anak Bung Karno yang dilahirkan di Jerman oleh Ibu Kartini Manoppo pada 1967.

Terlalu banyak tag

Saat ini ada empat tag yang dicantumkan {{unreferenced|small=yes}} {{original research}} {{refimprove}} {{Expert-subject}} yang mengganggu pemandangan. Ada tidak yang bisa dihapus? – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 03:08, 14 Januari 2009 (UTC)

[1] Apakah ada beberapa tag yang sudah bisa dihapus? Rasanya risih melihat tag tersebut terpampang di artikel ini selama 2 tahun tidak ada yang mengurus. Lebih baik dibahas sekarang:
  1. OR: bagian mana yang riset asli?
  2. Refimprove: sudah banyak kok jika dibanding dengan mayoritas halaman lain
  3. Expert-subject: bagian mana yang perlu perhatian para ahli?
  4. Tidak bisakah bagian yang bermasalah disembunyikan dulu, atau dipindah ke halaman pembicaraannya untuk didiskusikan, sehingga artikelnya bebas tag?
    βέννγλιν 10:27, 6 Desember 2010 (UTC)

Suntingan anon

Saya mengembalikan suntingan terakhir karena saya anggap tidak relevan untuk intro dan di luar konteks. Meursault2004ngobrol 15:49, 17 Oktober 2007 (UTC)

Suntingan Pembukaan

Saya melakukan perubahan pada pembukaan terakhir untuk menjaga netralitas dari artikel. Eko Fadhillah (bicara) 04:31, 24 April 2009 (UTC).

Agar Latar Belakang Lebih Lengkap

Penambahan foto masa kecil, atau jika perlu akta kelahiran (kalau ada), penting menjadi tambahan informasi agar data masa kecil valid dan kuat.

Vandal

Usul perlindungan karena diVandal oleh 2 anonim yang tak memperlihatkan jatidiri Muhammad Azmi (bicara) 12:38, 14 Mei 2008 (UTC)

Lebih baik dikunci aja ampe 1 Agustus 2008 karena sering divandal. 11:00, 7 Juni 2008 (UTC)

Macedonian interwiki

Hello. Can you please add [[mk:Ахмед Сукарно]] to the interwikis on this page. Thanks a lot. --121.98.169.126 05:42, 26 Oktober 2009 (UTC)

Done.
Bennylin
13:22, 29 Oktober 2009 (UTC)

Penggali Pancasila

"Ia adalah penggali Pancasila". Apa artinya? Kalimatnya tidak jelas dan saya rasa layak dihapus.
Bennylin
07:47, 28 November 2009 (UTC)

Kolaborasi

Hai teman-teman yang berkolaborasi untuk artikel Sukarno! Sepertinya kita sudah bisa mulai menyunting artikel ini. Kita perbaiki sedikit-sedikit dulu saja yah.. Saran saya supaya menyuntingnya tidak saling tumpang tindih, lebih baik satu orang mengerjakan satu bagian yang berbeda. Selain itu, sepertinya lebih baik juga kalau kita utamakan bagian yang bermasalah atau yang butuh pengembangan lebih dahulu. Bagaimana? Ada ide, masukan atau saran? 06Ivonne (bicara) 16:00, 26 Mei 2010 (UTC)


Idenya boleh juga. Saya akan coba cari rujukan-rujukan untuk bagian yang ditandai (bag. Penamaan) dahulu. Bagian mana saja yang mau dikembangkan dahulu? 03Indira (bicara) 17:02, 26 Mei 2010 (UTC)


Baik Indira. Saya juga sedang cari referensi untuk bagian sakit hingga meninggalnya Sukarno. Bagian yang dikembangkan yang ada tulisan:

saja dulu, baru setelah itu ke bagian-bagian lainnya. 06Ivonne (bicara) 16:28, 31 Mei 2010 (UTC)

Di Binus sedikit sekali buku untuk Sukarno yah. Terpaksa harus cari dari luar. Saya mulai besok cari soalnya saya sedang mengejar minimal artikel gugur tgl 2 Juni. Maaf juga baru balas ya. 01Raina (bicara) 07:43, 1 Juni 2010 (UTC)


Halo rekan-rekan calon wikiawan dan wikiawati yang hebat, saya ada beberapa saran lokasi dimana rekan-rekan dapat menemukan banyak referensi tentang Soekarno. Pertama ada di kampus saya di National Buliding Corner FISIP UI-Depok, namun sayang sekali buku tidak boleh di pinjam dan hanya boleh dibaca di tempat. Perpustakaan ini terbuka untuk umum dan buka pada pukul 09.00 hingga 19.00 WIB. Kedua, Gedung Arsip Nasional. Ketiga, Yayasan Nurani Dunia di Jalan Proklamasi No 17. Sekian informasi dari saya, semoga dapat membantu. 84rahardhika (bicara) 13:47, 3 Juni 2010 (UTC)

Wow makasih banyak rahardika, ada yang mau pergi? Kl UI kejauhan T.T saya mungkin ke sisa 2 bangunan itu =D ayooo....semangat!!! 01Raina (bicara) 06:19, 5 Juni 2010 (UTC)

Teman2, saya menemukan artikel tentang Sukarno dengan Seni Rupa (Bali terutama) dari Kepustakaan Presiden Republik Indonesia. Itu bisa masuk ke peninggalan ga ya? (tambahan) sebagai Stimulator Seni Rupa dan kesetaraan Seni dengan profesi lain yang lebih serius (politikus, bankir, dll). Trus Sukarno adalah pemimpin dunia di zamannya dengan koleksi lebih dari 2000 patung/lukisan/karya seni yang pd Orde Baru dipangkas keberadaannya. Menurut saya ini bagus untuk dilihat jadi melihat Bung Karno dari sisi lain bukan hanya politiknya saja...cuma saya bingung masuk kemana...help ya teman2...Terima kasih!!!01Raina (bicara) 06:38, 5 Juni 2010 (UTC)

Perombakan

Karena saya baru dapat akses ke sekumpulan buku tentang Sukarno, saya berencana untuk memperbaiki artikel ini (mungkin besar-besaran). Sekadar informasi saja buku-buku itu adalah:

  1. Giebels, Lambert. Soekarno: Biografi 1901-1950
  2. Dahm, Bernhard. Soekarno dan Perjuangan Kemerdekaan
  3. Legge, John. Sukarno: Biografi Politik
  4. Kasenda, Peter. Sukarno Muda: Biografi Pemikiran 1926-1933

Kalau ada yang juga punya akses ke buku-buku tersebut boleh ikut serta meningkatkan artikel ini :) Gombang (bicara) 22 September 2012 09.11 (UTC)[balas]

Boleh juga tuh, --Dede2008 (bicara) 22 September 2012 09.12 (UTC)[balas]

Amelia de la Rama

Di Wikipedia bahasa Indonesia kan disebutkan istrinya Soekarno kan berjumlah 9 dengan istri terakhir bernama Heldy Djafar, seorang perempuan dari Kutai Kertanegara. Tapi kok di Wikipedia bahasa Inggris disebutkan istrinya Soekarno berjumlah 10 dengan istri terakhir bernama Amelia de la Rama, seorang bintang film dari Filipina.

Pada awalnya saya kira itu hoax. Tapi setelah saya telusuri di Google ternyata tak hanya Wikipedia bahasa Inggris saja yang menyatakan demikian. Bahkan ada diantaranya yang menyatakannya lebih panjang. Contohnya ini:

http://remembranceofthingsawry.wordpress.com/current-events-manila-january-june-2012/

Namun di sumber-sumber berbahasa Indonesia masih menyatakan kalo istri Soekarno berjumlah 9 dengan istri terakhir bernama Heldy Fadjar seperti yang dicantumkan di WBI.

Saya tau kalo dulu saja kalo tidak salah dengar sempat disebutkan kalo istri Soekarno cuma sampai Ratna Sari Dewi Soekarno tapi ternyata sekarang ini masih ada yang lainnya lagi.

Tapi, benar kagak sih itu ?

--Erik Fastman (bicara) 13 September 2013 07.50 (UTC)[balas]

Tempat kelahiran Soekarno

Sebenarnya Soekarno itu lahir di Surabaya[1][2][3][4] atau di Blitar[5]?

  1. ^ Sukmawati:Bung Karno Lahir di Surabaya
  2. ^ Surabaya Bangun Monumen Kelahiran Bung Karno
  3. ^ "Dari Buleleng, ia mendapat temuan ayah Soekarno dipindah ke Surabaya tahun 1901. Dan pada 1902 Soekarno lahir. “Kalau akhirnya dibuat 1901 itu mungkin untuk memudahkan sekolahnya saja,” ujar Nurinwa." Antropolog UGM:Bung Karno Lahir di Surabaya Fakta yang sama berkenaan dengan tahun lahir Soekarno adalah penuturan Prof. Ir. Goenarso "Dalam Buku Induk TH Bandoeng yang sekarang masih tersimpan di ITB terbaca bahwa tanggal lahir Soekarno adalah 6 Juni 1902." (1995:37) dan Sakri (1979:16).
  4. ^ Dalam otobiografinya Sukarno, An Autobiography as Told to Cindy Adams (Bobbs-Merrill Company Inc, New York, 1965) Sukarno menyebutkan lahir di Surabaya, "Bapak dipindah ke Surabaya dan di sanalah aku dilahirkan" (halaman 26), selanjutnya "Aku dilahirkan pada tahun 1901... Hari lahirku ditandai oleh angka serba enam. Tanggal 6 Juni." (halaman 21). Mengenai kontradiksi tahun kelahiran dijelaskan dalam dialog antara Sukarno dan ayahnya halaman 35 "Kalau perlu kita berbohong. Kita akan mengurangi umurmu satu tahun. Pada tahun ajaran yang baru engkau akan didaftarkan dengan umur tiga belas." - Oleh karenanya beberapa dokumen mencantumkan tanggal 6 Juni 1902, sedangkan yang sesungguhnya adalah tanggal 6 Juni 1901.
  5. ^ First President of the Republic of Indonesia, Sukarno, who used to be called Bung Karno, born in BLITAR, East Java, June 6, 1901 and died in Jakarta, 21 June 1970.

 StefanusRA  |  ✉  5 Juni 2015 07.18 (UTC)[balas]

Hehe..nanti tunggu pernyataan resmi dari pemerintah saja. Ign christian (bicara) 5 Juni 2015 07.36 (UTC)[balas]