Kuis Dangdut: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
←Membuat halaman berisi ''''Kuis Dangdut''' adalah sebuah program acara televisi berbasis kuis dengan konten utama dangdut pertama di Indonesia. Kuis ini pernah tayang selama lebih dari 12...'
 
Ikhlasul Amal (bicara | kontrib)
k →‎Sejarah: Perbaikan bahasa.
Baris 2: Baris 2:


== Sejarah ==
== Sejarah ==
Kuis Dangdut ini perdana ditayangkan di TPI pada [[3 September]] [[1994]], dimana pada saat itu sudah banyak kuis - kuis yang ditayangkan di stasiun televisi, baik itu [[TVRI]] dan juga stasiun televisi swasta. Pro kontra acara ini ditekankan pada sisi visi dan misi TPI yang mengusung tema pendidikan dalam konten acaranya, dimana sebenarnya musik dangdut ini tidak berkaitan dalam pendidikan. Namun pro kontra itu tidak berlangsung lama, ketika Kuis Dangdut ini masuk ke dalam salah satu program acara terbaik TPI dengan konsep pengenalan dangdut kepada publik yang lebih baik dan tidak cenderung membosankan<ref>http://www.tabloidbintang.com/articles/extra/nostalgia/6335-menengok-lagi-kuis-dangdut-era-1990an-di-tpi-apaaaan-tuh</ref>. Kuis Dangdut sendiri juga memiliki identitas sendiri yakni ''Apaan Tuuuh!'' yang sering diucapkan pembawa acara menjelang jeda iklan.
Kuis Dangdut ini ditayangkan perdana di TPI pada tanggal [[3 September]] [[1994]], pada saat sudah banyak kuis yang ditayangkan di stasiun televisi, baik di [[TVRI]] atau stasiun televisi swasta. Pro-kontra acara ini ditekankan pada sisi visi dan misi TPI yang mengusung tema pendidikan dalam konten acaranya, sedangkan musik dangdut ini tidak berkaitan dalam pendidikan. Namun pro-kontra itu tidak berlangsung lama, ketika Kuis Dangdut ini masuk ke dalam salah satu program acara terbaik TPI dengan konsep pengenalan dangdut kepada publik yang lebih baik dan tidak cenderung membosankan<ref>http://www.tabloidbintang.com/articles/extra/nostalgia/6335-menengok-lagi-kuis-dangdut-era-1990an-di-tpi-apaaaan-tuh</ref>. Kuis Dangdut sendiri juga memiliki identitas sendiri yakni ''Apaan Tuuuh!'' yang sering diucapkan pembawa acara menjelang jeda iklan.


== Mekanisme Permainan ==
== Mekanisme Permainan ==

Revisi per 3 Januari 2015 01.48

Kuis Dangdut adalah sebuah program acara televisi berbasis kuis dengan konten utama dangdut pertama di Indonesia. Kuis ini pernah tayang selama lebih dari 12 tahun di Stasiun televisi TPI (Sekarang MNCTV) dengan berbagai macam konsep dan juga waktu tayang yang sering berganti-ganti. Namun demikian, pembawa acaranya tetap tidak berubah, yakni Jaja Mihardja.

Sejarah

Kuis Dangdut ini ditayangkan perdana di TPI pada tanggal 3 September 1994, pada saat sudah banyak kuis yang ditayangkan di stasiun televisi, baik di TVRI atau stasiun televisi swasta. Pro-kontra acara ini ditekankan pada sisi visi dan misi TPI yang mengusung tema pendidikan dalam konten acaranya, sedangkan musik dangdut ini tidak berkaitan dalam pendidikan. Namun pro-kontra itu tidak berlangsung lama, ketika Kuis Dangdut ini masuk ke dalam salah satu program acara terbaik TPI dengan konsep pengenalan dangdut kepada publik yang lebih baik dan tidak cenderung membosankan[1]. Kuis Dangdut sendiri juga memiliki identitas sendiri yakni Apaan Tuuuh! yang sering diucapkan pembawa acara menjelang jeda iklan.

Mekanisme Permainan

Meski selama 12 tahun Kuis Dangdut seringkali berubah format, namun mekanisme permainan Kuis Dangdut tidak berubah dari sejak perdana ditayangkan. Enam peserta yang terbagi atas dua kelompok, masing masing kelompok DANG dan kelompok DUT. Babak pertama dan kedua diberikan skor 10 hingga 20, dengan soal yang dijawab secara rebutan. Yang membedakan Babak pertama dan kedua, yakni pada pengenalan lagu dangdut. Babak Pertama dikenal dengan Goda Dangdut, yakni setiap peserta menjawab pertanyaan dari pembawa acara, dan jika jawabannya benar, peserta diwajibkan untuk menyanyikan lagu tersebut. Sementara babak kedua, dikenal dengan Makna Bernyanyi, dimana peserta menebak cuplikan lagu dangdut yang diputar secara acak. Semakin banyak lagu yang dijawab, maka skor tertinggi dapat dicapai. Sementara babak terakhir, yakni Lomba Joget, dimana dua kelompok peserta harus berjoget dan memikat tiga dewan juri yang akan menilainya. Namun pada babak ketiga ini, konsepnya sengaja dikemas kocak dan lucu, dimana peserta juga wajib berhenti berjoget jika musik dangdutnya dihentikan mendadak. Peserta dilarang tersenyum ataupun tertawa saat musiknya dihentikan, meski pembawa acara mondar-mandir menggoda peserta agar tertawa. Jika gagal, peserta dianggap gugur dan tidak mendapatkan skor.

Penghargaan

Kuis Dangdut memeroleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat kuis terlama tayang di Indonesia. Pada saat diberikan penghargaan, Kuis Dangdut memasuki usia ke-8 tahun[2]

Referensi