Brigadir Jenderal: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Lukas Tobing (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{Pangkat militer}}
{{Pangkat militer}}
'''Brigadir Jenderal''' (sering disingkat '''Brigjen''') adalah pangkat terendah [[perwira tinggi]] di beberapa negara, biasanya satu tingkat di atas [[Kolonel]] dan satu tingkat di bawah [[Mayor Jenderal]]. Sering terjadi di beberapa negara mereka menggunakan pangkat [[Mayor Jenderal]] (dengan bintang satu) sebagai pangkat terendah kemudian [[Letnan Jenderal]] (bintang dua), kemudian [[w:Colonel General|Colonel General]] (bintang tiga) dan [[Jenderal]] (bintang empat).
'''Brigadir Jenderal''' (sering disingkat '''Brigjen''') adalah pangkat terendah [[perwira tinggi]] di beberapa negara, biasanya satu tingkat di atas [[Kolonel]] dan satu tingkat di bawah [[Mayor Jenderal]]. Di beberapa negara bekas [[Uni Soviet]] seperti [[Rusia]], [[Ukraina]], [[Belarus]], [[Georgia]], [[Kazakhstan]], serta 2 negara komunis, [[Vietnam]] dan [[Korea Utara]], menggunakan pangkat [[Mayor Jenderal]] (dengan bintang satu) sebagai pangkat terendah kemudian [[Letnan Jenderal]] (bintang dua), kemudian [[w:Colonel General|Colonel General]] (bintang tiga) dan [[Jenderal]] (bintang empat).


== Asal mula menggunakan Brigadir ==
== Asal mula menggunakan Brigadir ==

Revisi per 7 November 2014 14.30

Brigadir Jenderal (sering disingkat Brigjen) adalah pangkat terendah perwira tinggi di beberapa negara, biasanya satu tingkat di atas Kolonel dan satu tingkat di bawah Mayor Jenderal. Di beberapa negara bekas Uni Soviet seperti Rusia, Ukraina, Belarus, Georgia, Kazakhstan, serta 2 negara komunis, Vietnam dan Korea Utara, menggunakan pangkat Mayor Jenderal (dengan bintang satu) sebagai pangkat terendah kemudian Letnan Jenderal (bintang dua), kemudian Colonel General (bintang tiga) dan Jenderal (bintang empat).

Asal mula menggunakan Brigadir

Penggunaan pangkat brigadir jenderal dapat dilacak ke asalnya dari militer di Eropa, dimana seorang Brigadir Jenderal (disederhanakan menjadi Brigadir), mengomandoi sebuah Brigade di lapangan. Pangkat ini menyebar ke seluruh dunia pada abad ke-18 oleh Amerika Serikat, serta Kerajaan Britania Raya.

Di banyak angkatan laut, Brigadir Jenderal setaraf dengan pangkat Commodore, walaupun di beberapa negara digunakan pula pangkat Rear Admiral.

Brigadir Jenderal di TNI

Brigadir Jenderal adalah pangkat terendah perwira tinggi di TNI Angkatan Darat, selain itu Brigadir Jenderal dipakai pula oleh Korps Marinir, TNI Angkatan Laut. Penyandang pangkat ini mengenakan tanda pangkat dengan satu bintang. Pangkat ini setara dengan Laksamana Pertama di TNI Angkatan Laut (selain Korps Marinir) dan Marsekal Pertama di TNI Angkatan Udara.

Lihat pula