Galaktosa: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1 bita dihapus ,  6 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
Tag: BP2014
Tag: BP2014
Galaktosa merupakan senyawa karbohidrat yang tergolong dalam monosakarida, termasuk juga golongan heksosa karena mempunyai 6 atom C dalam molekulnya<ref name=”Thomas”> {{en}} Thomas M. S. Wolever . 2006. The Glycaemic Index: A Physiological Classification of Dietary Carbohydrate. Oxford (UK) : CABI publisher.</ref>. Galaktosa merupakan salah satu monomer pembentuk laktosa, senyawa ini dapat ditemukan pada susu<ref name=”Thomas”/>. Galaktosa memiliki kemampuan menyerap di dalam darah sehingga memiliki nilai glycaemic index yang lebih rendah dibandingkan dengan sukrosa<ref name=”Thomas”/>.
 
Metabolisme Galaktosa menggunakan enzim B-galaktosidase dan juga dapat di degradasi dengan lysosomal degradasi dari senyawa karbohidrat kompleks. Mekanismenya adalah sebagai berikut<ref name=”Richard”> {{en}} Richard A. Harvey, Richard A. Harvey,Denise R. Ferrier. 2011. Biochemistry. Baltinore : Lippincott Williams & Wilkins </ref>.
<ref name=”Richard”> {{en}} Richard A. Harvey, Richard A. Harvey,Denise R. Ferrier. 2011. Biochemistry. Baltinore : Lippincott Williams & Wilkins </ref>.
# fosforilasi galaktosa<ref name=”Richard”/>
galaktosa akan di fosforilasi menjadi galaktosa-1-fosfat, dengan menggunakan ATP sebagai donor fosfat<ref name=”Richard”/>.
490

suntingan

Menu navigasi