Lompat ke isi

Wikipedia:Pengembali revisi: Perbedaan antara revisi

tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
 
== Kapan menggunakan ''rollback''? ==
''Rollback'' standar adalah cara cepat untuk membatalkan suntingan bermasalah, namun cara ini memliki kerugian. Saat menggunakan ''rollback'' hanya ringkasan suntingan standar yang ditampilkan, tanpa penjelasan alasan perubahan. Karena itu, ''rollback'' tidak cocok digunakan pada situasi saat terdapat adanya ringkasan suntingan yang menjelaskan apa yang telah dilakukan oleh penyunting revisi terakhir. Fitur ini <u>''boleh''</u> digunakan saat :
*mengembalikan ''[[Wikipedia:Vandalisme|vandalisme]]'' terang-terangan dan suntingan lain dengan alasan yang benar-benar jelas.
*mengembalikan suntingan vandalisme pada ''ruang nama'' pribadi.
*mengembalikan suntingan yang dilakukan oleh ''pengembali revisi'' sendiri (misalnya suntingan yang tidak sengaja dibuat oleh ''pengembali revisi'').
*mengembalikan suntingan oleh pengguna yang tidak diperbolehkan menyunting (namun bersiap-siaplah seorang ''pengembali revisi'' menjelaskan penggunaan untuk alasan ini bila ditanya oleh yang bersangkutan ataupun oleh pengurus).
*mengembalikan suntingan meluas (oleh kontributor atau bot bermasalah) yang dinilai tidak membantu perkembangan ''[[Wikipedia]]'', dengan catatan harus ada penjelasan pada tempat yang sesuai, misalnya pada halaman pembicaraan artikel tersebut.
 
Penggunaan fitur ''rollback'' ini untuk hal-hal lain, seperti membalikkan perubahan yang berniat baik dan kebetulan tidak disetujui oleh ''pengembali revisi'', dapat dianggap sebagai penyalahgunaan fungsi alat ini. Bila ragu-ragu, gunakan cara pengembalian secara manual dan berikan ringkasan suntingan guna menjelaskan alasan dilakukannya pengembalian tersebut.
 
Seperti pada cara pengembalian secara manual, ketika menggunakan fitur ''rollback'' untuk memulihkan/mengembalikan tulisan dalam suatu halaman, pastikan tulisan tersebut tidak melanggar ''[[Wikipedia:Kebijakan dan pedoman|kebijakan Wikipedia]]''.
 
Seorang pengurus yang terus-menerus menyalahgunakan fitur ''rollback'' ini, dapat dianggap sebagai penyalahgunaan wewenang. Sedangkan seorang ''pengembali revisi'' yang non-pengurus yang menyalahgunakan alat ini juga dapat dicabut haknya oleh pengurus, dan tentunya setelah diberikan kesempatan untuk membela diri, menjelaskan perbuatannya yang menyalahgunakan fitur ''rollback'' tersebut.
 
== Pemberian dan pencabutan hak pengembali ==