Lesong Batu: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
166 bita ditambahkan ,  13 tahun yang lalu
edit
k ({{rapikan}})
(edit)
{{rapikan}}
'''Lesong Batu''' adalah [[prasasti]] peninggalan [[Kerajaan Kutai]] yang terletak di Desa [[Muara Kaman Ulu, Muara Kaman, Kutai Kartanegara|Muara Kaman Ulu]], kecamatan [[Muara Kaman, Kutai Kartanegara|Muara Kaman]], [[kabupaten Kutai Kartanegara]]. Menurut berbagai riwayat desa tersebut merupakan asal kerajaan hindu tertua di Indonesia yaitu [[Kerajaan Kutai]].
Lesong Batu terletak di Desa Muara Kaman Ulu kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur. Didesa tersebutlah tempat asal kerajaan hindu tertua di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai. Banyak persepsi yang timbul mengenai Lesong Batu tersebut dan disini saya mencoba untuk memberikan gambaran secara umum tentang Lesong Baru yang ada di Muara Kaman. Lesong Batu merupakan peninggalan sejarah yang masih tersimpan secara utuh di Muara Kaman. dari berberapa kalangan masyarakat mengatakan bahwa Lesong Batu merupakan benda keramat peninggalan kerajaan Kutai Hindu. Hal ini diperkuat oleh pendapat peneliti dari Balitbangda Kutai Kartanegara yang bekerjasama dengan salah satu pakar arkeologi dari Malang, mereka mengatakan bahwa dari hasil penelitian yang mereka lakukan bisa ditarik kesimpulan bahwa Lesong Batu merupakan salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Hindu Kutai dibawah kepemimpinan Raja Mulawarman.
 
Lesong Batu terletak di Desa Muara Kaman Ulu kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur. Didesa tersebutlah tempat asal kerajaan hindu tertua di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai. Banyak persepsi yang timbul mengenai Lesong Batu tersebut dan disini saya mencoba untuk memberikan gambaran secara umum tentang Lesong Baru yang ada di Muara Kaman. Lesong Batu merupakan peninggalan sejarah yang masih tersimpan secara utuh di [[Muara Kaman, Kutai Kartanegara|Muara Kaman]]. dari berberapa kalangan masyarakat mengatakan bahwa Lesong Batu merupakan benda keramat peninggalan kerajaan[[Kerajaan Kutai|Kerajaan Kutai Hindu]]. Hal ini diperkuat oleh pendapat peneliti dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) [[Kutai Kartanegara]] yang bekerjasamabekerja sama dengan salah satu pakar arkeologi dari [[Malang]], mereka mengatakan bahwa dari hasil penelitian yang mereka lakukan bisa ditarik kesimpulan bahwa Lesong Batu merupakan salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Hindu Kutai dibawah kepemimpinan Raja [[Mulawarman Nala Dewa]].
 
[[Kategori:Prasasti]]
[[Kategori:Kerajaan Kutai]]
8.676

suntingan

Menu navigasi