Montreal: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
k robot Adding: cy:Montreal
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Gambar:Quemtl3.PNG|right|200px|Peta Quebec menunjukkan lokasi Montreal]]
[[Gambar:Quemtl3.PNG|right|200px|Peta Quebec menunjukkan lokasi Montreal]]
'''Montreal''', atau '''Montréal''' dalam [[bahasa Perancis]], adalah kota terbesar kedua di [[Kanada]] dan kota terbesar di [[Provinsi di Kanada|provinsi]] [[Quebec]]. Selain itu, Montreal juga merupakan salah satu kota berbahasa Perancis terbesar di dunia. Kota ini terletak di daerah barat daya Quebec dan dihuni oleh 1.584.590 jiwa sedangkan [[Greater Montreal Area]] dihuni oleh 3.640.000 di tahun [[2005]]. Kota-kota di sekitarnya antara lain adalah [[New York City]], [[Ottawa]], [[Quebec City]], dan [[Toronto]].
'''Montreal''' adalah kota terbesar kedua [[Kanada]]. Penduduknya berjumlah 1.812.723 jiwa ([[2004]]). Di [[wilayah metropolitan]] berjumlah 3.600.000 jiwa ([[2004]]).

Letak tepat kota ini adalah di [[Pulau Montreal]], daerah [[Sungai Saint Lawrence]] dan [[Sungai Ottawa]]. Pelabuhannya terletak di jalur yang menghubungkan [[Great Lakes]] dengan [[Samudera Atlantik]]. Nama kota ini diambil dari [[Mount Royal]].

== Iklim ==
Montreal berada di daerah beberapa daerah [[iklim]] sehingga menjadi sangat bervariasi. Curah [[hujan]]nya cukup banyak dengan rata-rata 897 mm per tahun, dan turun [[salju]] rata-rata 2,14 m per tahun. Dibandingkan dengan [[Moskwa]], [[Rusia]], lebih banyak salju yang turun di Montreal. Walaupun iklimnya sangat beragam, daerah ini tetap bisa mendukung berbagai jenis [[tumbuhan]] dan [[hewan]].

== Demografi ==
Menurut [[Statcan]], pada tahun [[2001]] Montreal dihuni oleh 1.583.590 jiwa dan 3.635.700 jiwa di daerah metropolitan. Angka pertumbuhan penduduknya terhitung kecil dibanding kota-kota lain di [[Kanada]]. Sekitar 13,55% dari jumlah tersebut adalah minoritas (bukan orang kulit putih). Minoritas tersebut terdiri dari orang [[Afrika]], [[Arab]], [[Asia Selatan]], dan [[Tionghoa]].


==Pranala luar==
==Pranala luar==

Revisi per 15 Oktober 2006 10.46

Peta Quebec menunjukkan lokasi Montreal
Peta Quebec menunjukkan lokasi Montreal

Montreal, atau Montréal dalam bahasa Perancis, adalah kota terbesar kedua di Kanada dan kota terbesar di provinsi Quebec. Selain itu, Montreal juga merupakan salah satu kota berbahasa Perancis terbesar di dunia. Kota ini terletak di daerah barat daya Quebec dan dihuni oleh 1.584.590 jiwa sedangkan Greater Montreal Area dihuni oleh 3.640.000 di tahun 2005. Kota-kota di sekitarnya antara lain adalah New York City, Ottawa, Quebec City, dan Toronto.

Letak tepat kota ini adalah di Pulau Montreal, daerah Sungai Saint Lawrence dan Sungai Ottawa. Pelabuhannya terletak di jalur yang menghubungkan Great Lakes dengan Samudera Atlantik. Nama kota ini diambil dari Mount Royal.

Iklim

Montreal berada di daerah beberapa daerah iklim sehingga menjadi sangat bervariasi. Curah hujannya cukup banyak dengan rata-rata 897 mm per tahun, dan turun salju rata-rata 2,14 m per tahun. Dibandingkan dengan Moskwa, Rusia, lebih banyak salju yang turun di Montreal. Walaupun iklimnya sangat beragam, daerah ini tetap bisa mendukung berbagai jenis tumbuhan dan hewan.

Demografi

Menurut Statcan, pada tahun 2001 Montreal dihuni oleh 1.583.590 jiwa dan 3.635.700 jiwa di daerah metropolitan. Angka pertumbuhan penduduknya terhitung kecil dibanding kota-kota lain di Kanada. Sekitar 13,55% dari jumlah tersebut adalah minoritas (bukan orang kulit putih). Minoritas tersebut terdiri dari orang Afrika, Arab, Asia Selatan, dan Tionghoa.

Pranala luar

Templat:Link FA Templat:Link FA